panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Desember 2011 | 17:53 wib
Aktifitas Sindoro Cenderung Turun


TEMANGGUNG, suaramerdeka.com -
Aktifitas Gunung Sundoro, hari ini (9/12) cenderung mengalami penurunan, namun masyarakat di sekitarnya tetap diminta waspada dan tenang, serta tidak mudah terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggungjawab.

Terkait dengan perkembangan aktifitas Gunung Sindoro itu, hendaknya warga juga berpedoman kepada informasi yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang kini menempatkan petugasnya di Pos Pengamatan Gunung Sindoro di Desa Gentingsari, Bansari.

Wabup Budiarto mengungkapkan hal tersebut, di sela-sela kunjungan kerja memantau aktifitas Gunung Sindoro di Pos Pengamatan Desa Gentingsari, hari ini. Ikut serta dalam kunjungan itu Kabag Pembangunan Setada, Bagus Pinuntun, Kabag Umum Agung Prabowo dan Kabag Humas Witarso SP. Rombongan Wabup diterima Dr Indra dari PVMBG, dan para camat dari lima kecamatan yang wilayahnya berada di sekitar Gunung Sindoro.

"Kunjungan ini untuk mengetahui secara langsung situasai dan kondisi atau perkembangan terkini aktifitas Gunung Sundoro," jelas Wabup.

Menurutnya, dari penjelasan langsung petugas PVMBG, berdasarkan data yang terekam di pos pengamatan Gentingsari, secara umum aktifitas gunung Sindoro cenderung mengalami penurunan, kendati statusnya masih waspada. Karena itu, masyarakat yang tinggal di kawasan lereng Sundoro tidak usah terlalu panik, tetap tenang dan beraktifitas seperti biasanya.

"Jangan mudah terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Segala perkembangan terkait aktifitas Gunung Sindoro percayakan saja pada aparat yang berwenang, yakni petugas di Pos Pengamatan Gunung Sindoro," pesannya.

Dia juga meminta, kepada lima camat yang wilayahnya di sekitar gunung tersebut, yakni Camat Bansari, Kledung, Ngadirejo, Parakan dan Candiroto serta para kepala desanya, agar memberikan pemahaman yang benar kepada warga masyarakat, agar mereka tidak mengalami kebingungan.

"Untuk mengetahui segala perkembangan yang terjadi, hendaknya tetap berpedoman pada informasi resmi dari PVMBG," tandasnya, seraya berharap, mudah-mudahan secara berangsur-angsur status Gunung Sindoro kembali normal seperti sebelumnya.

Dr Indra dari PVMBG menjelaskan, berdasarkan pengamatannya, baik menggunakan alat maupun secara visual, aktifitas  Gunung Sindoro sejak ditetapkan status waspada pada 5 Desember hingga hari ini memang cenderung menurun. Adapun untuk lebih mamaksimalkan lagi dalam pengamatan gunung tersebut, saat ini telah dipasang empat peralatan baru yang didatangkan dari Bandung, serta menambah petugas di lapangan.

( Henry Sofyan / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 4062
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 4418
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 4260
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 5465
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 4082
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
05 September 2014 | 23:15 wib
05 September 2014 | 23:45 wib
05 September 2014 | 23:30 wib
05 September 2014 | 23:00 wib
FOOTER