panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Juli 2011 | 17:28 wib
Persyaratan MOS Dikeluhkan Orang Tua Siswa Baru


Tegal, CyberNews. Persyaratan mengikuti Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang ditekankan kepada siswa baru di beberapa sekolah di Kota Tegal dikeluhkan para orang tua siswa. Pasalnya, para siswa diminta mencari barang-barang yang sulit didapatkan, seperti disuruh mencari koran dengan rubrik khusus, keranjang sampah dan air mineral gelas dan makanan ringan merek tertentu.

Menurut salah satu orang tua siswa, Janti (34), Minggu (10/7), syarat untuk mengikuti MOS yang diwajibkan pihak sekolah berkesan hanya terkesan dibuat-buat, sehingga menyulitkan siswa baru. Padahal, seharusnya siswa baru lebih ditekankan pada sesuatu hal yang bersifat mendidik dan memberikan motivasi siswa baru untuk mengenal lingkungan pendidikan baru.

Ketua DPRD Kota Tegal, H Edy Suripno SH mengatakan, dalam proses penerimaan siswa baru pihaknya meminta sekolah untuk tidak memberatkan para orang tua maupun siswa. Pasalnya, tidak semua masyarakat yang menyekolahkan anaknya merupakan warga mampu secara perekonomiannya.

Menurut dia, dari pantauan yang dilakukan ternyata masih banyak sekolah yang mengambil kebijakan yang memberatkan orang tua siswa. Antaralain, adanya penarikan iuran pada saat para siswa baru melakukan daftar ulang untuk kegiatan siswa, seperti kepramukaan, osis, asuransi maupun kegiatan lain.

Terkait masalah tersebut, pihaknya akan meminta kepada Pemkot untuk segera melakukan tindakan tegas kepada sekolah yang melakukan kebijakan tanpa melalui dasar aturan yang berlaku. Sebab, tindakan tersebut sangat merugikan dan memberatkan para orang tua siswa.

"Saya juga prihatin dan menyayangkan dengan tugas dari para anggota komite sekolah yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Seharusnya mereka sesuai tupoksinya selalu mengedepankan kepentingan siswa maupun orang tua, namun dalam kenyataannya tidak sedikit dari anggota komite sekolah justru bermain dengan pihak sekolah dalam upaya menarik pungutan," katanya.

( Wawan Hudiyanto / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Agustus 2014 | 11:25 wib
Dibaca: 2
30 Agustus 2014 | 11:11 wib
Dibaca: 20
image
30 Agustus 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 195
30 Agustus 2014 | 10:45 wib
Dibaca: 168
image
30 Agustus 2014 | 10:32 wib
Dibaca: 201
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER