panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Januari 2012 | 12:06 wib
Enggar Miniatur Handmade, Dari Iseng Berhadiah Berkah
image

Enggar dan karya miniatur mobilnya

Oleh Er Maya

JIKA Phil Gallagher, presenter asal Inggris, yang menggawangi acara "Mister Maker" di stasiun televisi BBC itu mampu menginspirasi anak-anak untuk berkarya melalui barang-barang pekas pakai, maka di Semarang, sosok yang menginspirasi seperti Phil juga hadir. Dialah Samuel Enggar Sudrajat, pembuat miniatur mobil dari barang-barang bekas pakai.

Iseng, itulah kali pertamanya, Enggar (41 tahun), demikian ia biasa dipanggil, menekuni hobinya membuat miniatur mobil. Ditemui di balai pendopo di dekat rumahnya, di jalan Lamongan II no 8 Sampangan, Semarang, Enggar membagi kisah inspiratifnya.

Awalnya Enggar hanya diminta anaknya untuk dibuatkan prakarya sekolah. Enggar lalu mencoba memanfaatkan barang-barang bekas, dan mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai seni.

Tepatnya, pada bulan November 2011, Enggar lalu mulai menekuni secara serius hobi membuat handmade miniatur mobil ini. "Sudah lama, tapi mulai eksekusi seriusnya sih November 2011," ujar ayah dari Keisha dan Adrian. Hanya melalui kabar dari mulut ke mulut, karya Enggar pun mulai dilirik dan diminati banyak kalangan. Penggemar karyanya berasal dari kota-kota besar di Indonesia, "ada dari Bandung, Surabaya, Pekalongan juga Semarang. Bahkan, beberapa diantaranya dari komunitas miniatur dan replika."

Untuk membuat sebuah miniatur mobil pesanan, Enggar, yang juga menyukai musik dan memiliki band Rock Star itu, biasanya mendapat detail gambar melalui browsing di Internet. Sementara dalam pengerjaannya, Enggar mendapatkannya dari bahan-bahan recycle.

"Bahannya benar-benar saya memanfaatkan barang bekas, saya bikin, saya tata lagi. Benar-benar bukan barang yang beli lalu saya tempel-tempelkan," ungkap Enggar.

Sudah lebih dari 20 karya miniatur yang dihasilkan seorang Enggar. Karya pertamanya, adalah sebuah jip tentara warna hijau dengan skala 1 : 22. Ia juga pernah membuat miniatur figur grandpa penyuka musik blues membawa gitar, dan diorama itu kini dipajang di salah satu cafe terkenal di kota Semarang.

Enggar sengaja ingin memanfaatkan barang-barang bekas pakai. "Kebanyakan dari CD box, spons dan sebagian mika," ujarnya. Bahkan, beberapa dari miniatur yang dibuatnya juga memanfaatkan tutup botol air mineral, stik es krim juga risleting bekas.

Mengingat 80 persen miniatur mobil bikinan Enggar terbuat dari bahan plastik, Enggar mengecatnya dengan campuran cat yang bisa menempel pada bahan plastik. "Saya pakai cat dengan campuran yang harus bisa menempel pada bahan plastik," tuturnya membagi rahasia. Untuk merakit miniaturnya, Enggar cukup hanya mengandalkan pisau, cutter, pinset dan lem sebagai perekat.

Dalam proses pengerjaannya, Enggar mengaku hanya membutuhkan waktu dua hari hingga satu minggu saja. Namun, itu semua tergantung dari tingkat kesulitannya. Semakin detail, maka pengerjaannya pun bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Saat ini Enggar juga masih terlibat pengerjaan sebuah miniatur truk dump, pesanan dari perusahaan ekspedisi di Kalimantan.

Enggar tidak membanderol tinggi untuk karya miniaturnya. Baginya adalah sebuah kepuasan bisa menciptakan sesuatu yang berguna dan bernilai seni tinggi, meski itu hanya dihasilkan dari barang-barang bekas pakai. Salut Enggar!

(maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
02 September 2014 | 22:01 wib
Dibaca: 8669
image
19 Agustus 2014 | 23:16 wib
Dibaca: 10463
image
26 Juni 2014 | 18:56 wib
Dibaca: 19682
image
02 Juni 2014 | 20:50 wib
Dibaca: 16870
image
18 Mei 2014 | 03:42 wib
Dibaca: 24047
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER