panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Mei 2013 | 17:34 wib
Tumpeng Puding Pengganti Nasi Kuning
image

MENIKMATI sajian tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauknya yang khas itu sudah biasa. Namun kini berkembang kreasi tumpeng puding yang makin digemari dan praktis disajikan di berbagai kesempatan. Proses pembuatannya memang sedikit rumit bagi para pemula, namun bagi pemilik Rumah Kenyal Imelda Desinia sudah cukup piawai menyelesaikan pesanan tumpeng puding sejak tahun lalu.

"Kalau sulit sih relatif, tetapi memang proses pembuatannya cukup lama sekitar lima jam. Apalagi jika tumpeng kombinasi beberapa warna maka harus sabar menunggu keringnya," ujar lulusan Akademi Sekretaris Marsudirini (ASM) Santa Maria dan S1 Akuntansi USM ini, Selasa (7/5).

Biasanya pelanggan akan meminta tumpeng disusun di atas dasaran berbentuk bulat yang bisa beberapa tingkat baru kemudian bagian kerucutnya. Prosesnya yang sedikit rumit ini membuat harga sebuah tumpeng puding juga cukup mahal berkisar Rp 275 ribu-Rp 500 ribuan tergantung besar kecil dan kombinasi susunannya.

Tumpeng tertinggi yang pernah dibuat oleh Imelda berukuran diameter 28 cm berbentuk bulat, di atasnya berdiameter 24 cm dan kerucutnya setinggi 17 cm dengan garis tengah 12 cm.

Pesanan tumpeng jenis ini, lanjut dia, cukup lumayan saat momen Agustusan seperti perayaan malam tirakatan, atau acara ulang tahun ibu-ibu atau bapak-bapak dan segmen korporasi.

Kombinasi tumpeng puding bisa dipadu dengan cake ataupun buah-buahan seperti kiwi, stroberi, jeruk, leci, cherry, kelengkeng, dsb. Harga yang dipatok ini juga sudah mengalami kenaikan berkisar 5%-10% per 1 Mei ini menyusul lonjakan harga bahan-bahan baku utama seperti agar/jelly, susu, buah dan gula.

Di hari-hari biasa, jumlah pesanan memang masih belum bisa menyamai kreasi puding lainnya tetapi peminatnya juga cukup lumayan yang memesan melalui Facebook ataupun blog. Imelda mengaku, tren saat ini masih didominasi puding bulat rainbow yang sebagian besar ditujukan sebagai pengganti kue ulang tahun.

Harganya berkisar Rp 140 ribuan tergantung ukuran. Selain puding rainbow, ada juga puding sutra yang lembut terbuat dari 100% susu sapi yang di atasnya bisa disiram buah cocktail dan orange sauce. Selain itu puding karakter seperti Hello Kitty, Barbie, Angry Birds dll juga cukup disukai khususnya ditujukan untuk anak-anak.

Bagaimana dengan para penderita diabetes? Ia memaparkan, detil pembuatan bagi mereka yang mengidap diabetes harus lebih cermat. Mulai dari susu yang digunakan, gula khusus diabet serta pantangan buah-buahan. Produksi pudingnya saat ini sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan sehingga terjamin bahan-bahannya termasuk juga cara pembuatan sudah aman.

"Ya tapi harganya jatuhnya memang jadi lebih mahal, bisa dua kali lipat karena bahan bakunya juga lebih mahal," terang Imel yang menjalankan bisnis di rumahnya Jalan Gombel Permai XII/296 Semarang ini.

( Modesta Fiska / CN31 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 1592
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 2474
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 3149
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 3984
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 1988
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER