panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 November 2012 | 19:02 wib
Bento Komplit, Tak Sekadar Unik Tapi Juga Bergizi
image

YANNY Widiastuty mencoba berinovasi membikin kreasi bento untuk anak-anak yang juga bisa dinikmati bersama keluarga atau sahabat dengan tampilan lebih menarik. Tak hanya sekadar lucu atau unik, tetapi ia juga berusaha agar komposisi gizi yang terkandung di dalamnya betul-betul bisa sesuai dengan kebutuhan. Ide ini sebenarnya muncul awalnya melihat kebutuhan dimana semakin banyak konsumen ingin merayakan momen spesial dengan sajian yang cantik.

Pengajar di Akademi Terang Bangsa ini pun mendapat ide dari nasi tumpengan yang isinya komplit dan bisa dinikmati dengan seisi keluarga. Bento spesial ini bisa dinikmati bersama dengan 8-10 orang. Isinya cukup lengkap dari snack, buah, lauk dan nasi.

Sebagai contohnya, dalam satu paket lengkap ini Yanny mengkreasikan cheese pie dan burger. Untuk lauknya, penikmat bento ini bisa menyantap opor ayam suwir, telur dadar dan telur puyuh serta sosis dan fishcake.

Dan buah-buahan pun tak ketinggalan. Starfruit atau belimbing, jeruk dan tomat dikombinasikan dengan sayuran menjadikan komposisi lengkap sehingga diharapkan konsumen tak mengkhawatirkan masalah gizi.

"Tema ini pun bisa macam-macam ada binatang, persahabatan atau cinta sehingga bisa dijadikan kado juga untuk orang-orang yang spesial," papar Yanny di rumahnya Jalan Puri Anjasmoro I-2.

Untuk menciptakan kreativitas yang disukai para pecinta bento, Yanny memang harus terus berlatih menciptakan perpaduan yang menarik. Salah satu tujuannya agar anak-anak yang awalnya tidak suka makan nasi dan lauk serta sayuran jadi jatuh cinta saat melihat tatanan bento yang lucu.

Kota Semarang, lanjut dia, belum terlalu banyak yang bermain di bidang bento dan pamornya masih belum seperti kota besar lain seperti Jakarta atau Surabaya. Tetapi dengan semakin seringnya diadakan kompetisi bento diharapkan bibit-bibit bentoist baru akan muncul dan meramaikan kuliner di Semarang.

Dengan kreativitas yang tinggi, keuntungan yang didapat dari kreasi bento ini juga lumayan sepadan dengan lelah tangan memadu padan makanan unik yang tetap bergizi seimbang.

Proses membuat bento sebenarnya relatif mudah. Yanni menuturkan, yang diperlukan di sini adalah kreativitas dan bahan makanan yang dibuat pun sehari-hari bisa diperoleh. Untuk menarik minat anak, tentu makanan ini harus ditata dan dihias supaya terlihat cantik.

Beberapa teknik khusus hanya butuh cetakan dan bisa menggunakan cutter cookies, cetakan nasi ataupun pisau, termasuk juga untuk hiasan mata. "Kita bisa menghias dengan wortel yang sudah dibentuk, selada ataupun nori, tomat, mentimun atau apa saja yang mudah dibentuk sesuai dengan ide yang terlintas agar makanan menggugah selera," ujar wanita kelahiran Jepara, 7 Januari 1980 ini.

( Modesta Fiska / CN31 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 4989
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 5866
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 6637
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 7385
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 2127
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER