panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Agustus 2012 | 20:19 wib
Rainbow Cake Vegetarian Bikin Ketagihan
image

POPULARITAS rainbow cake memang sedang menanjak beberapa waktu belakangan. Bagaikan magnet, kue warna-warni seperti pelangi ini memiliki daya tarik yang luar biasa di semua kalangan usia. Orangtua, remaja, hingga anak-anak banyak yang menyukainya.

Tekstur lembut saat berada di mulut dan cita rasa buah yang menyegarkan membikin ketagihan. Meski hampir semua  kalangan menyukainya, bagaimana jadinya dengan mereka yang vegetarian?  Kaum vegan memang tidak mengkonsumsi daging dan semua produk hewani  termasuk di dalamnya telur, susu ataupun keju.

Padahal dalam pembuatan rainbow cake dibutuhkan telur, susu juga keju yang ada dalam cream cheese frosting-nya. Nah, tak perlu khawatir. Kue warna-warni ini juga bisa dibuat tanpa bahan-bahan yang dihindari para vegetarian. Rasanya pun tidak kalah enak dengan rainbow cake yang dibuat seperti resep aslinya.

Pesanan kue pelangi yang mengalir deras ini juga membuat Ciwie Wijayanto cukup kewalahan, ditambah lagi ada banyak rekannya yang vegetarian menginginkan kue serupa yang tetap lezat saat dinikmati. Hal inilah yang memacu wanita berusia 30 tahun ini berkreasi agar kue lezat ini juga bisa dinikmati kaum vegan.

Dapur rumahnya di Plamongan Indah Blok E4 No 42 hampir tak pernah sepi aktivitas. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang dan menjelang Lebaran, sudah cukup banyak pesanan untuk hantaran konsumen bagi para kliennya.

Cara pembuatan rainbow cake ala vegan sebenarnya hampir sama dengan aslinya, hanya sejumlah bahan harus diganti tanpa mengurangi kelezatannya. Bahan susu bisa digantikan dengan jus lemon yang masih fresh. Lalu penggunaan telur juga tak perlu karena adonannya sudah ditambah dengan baking soda, baking powder dan cuka apel.

Bikin Ketagihan

Vanilla ekstrak nantinya juga bisa ditambahkan sebagai pengganti keju pada cream frosting. Mentega putih yang seharusnya dipakai dalam pembuatan cream frosting bisa digantikan dengan whipped cream. Alhasil dengan paduan bahan-bahan di atas, rainbow cake bisa dinikmati tanpa henti oleh mereka para vegan.

Harga sebuah rainbow cake berdiameter 20 cm ini  hanya Rp 180 ribu, sedangkan untuk rainbow toples dipatok Rp 65 ribu.  Namun jumlah yang harus dibayar ini masih belum termasuk dengan detil  desain yang bervariasi dan menambah tampilan kue semakin berwarna-warni.

Selain rainbow cake, pesanan kue lainnya seperti red velvet juga laris manis tanpa henti. Kue merah yang lembut ini dihargai Rp 175 ribu untuk ukuran diameter 20 cm dan yang berukuran sedang hanya Rp 65 ribu. Menurut istri Wahyu Wijayanto ini, pesanan kue juga seringkali digunakan untuk pesta ulang tahun atau acara-acara keluarga.

"Walaupun terbilang mahal tetapi konsumen kembali memesan dan memesan lagi. Bahkan ada juga yang sebelumnya tidak suka cake, setelah makan rainbow cake jadi ketagihan lapis demi lapisnya yang lembut," papar Ciwie.

( Modesta Fiska / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 4379
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 5273
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 6014
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 6773
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 2095
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER