panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Juli 2012 | 11:04 wib
Khas Jepara
Pindang Serani, Segarnya Berani
image

JEPARA, daerah ini diapit dengan pantai dan gunung, maka tidak heran jika kota kelahiran RA Kartini tersebut menyimpan banyak potensi kuliner. Salah satunya adalah pindang serani. Seperti halnya namanya, hidangan ini berbahan dasar ikan.

Sebenarnya masyarakat Merangin, Provinsi Jambi, juga memiliki kuliner khas yang bernama sama. Di daerah tersebut, biasanya pindang serani dihidangkan untuk menyatakan rasa hormat atau suguhan bagi tamu istimewa. Umumnya pindang serani di Merangin menggunakan bahan ikan patin. Tak heran, di wilyah program transmigrasi itu memang banyak membudidayakan ikan patin.

Tidak jauh berbedan dengan masyarakat Merangin, pindang serani juga menjadi salah satu masakan favorit masyarakat Jepara. Selain memiliki beragam rasa, masakan ini cocok sekali dihidangkan saat makan siang

Hampir seluruh rumah makan di Jepara menyajikan hidangan berkuah ini. Satu rumah makan yang setiap hari menjajakan pindang serani adalah RM Cipto Roso, terletak di ruas Jl Soetomo Jepara. Biasanya, Hj Sri Zamromi, pemilik rumah makan itu, menggunakan ikan tengiri sebagai bahan utama membuat pindang serani. Meski bangunan tempat makan ini terbilang sederhana, tetapi rasa olahan pindang seraninya cukup istimewa.

Cara Mengolah

Cara membuat masakan berkuah pedas asam ini tidak begitu sulit. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan juga mudah didapat, antara lain serai yang dimemarkan, lengkuas yang juga dimemarkan, jahe, bawang putih, sedikit gula, garam, dan potongan cabai rawit. Seperti halnya resep untuk garang asem, rasa asam dari pindang serani didapat dari tomat hijau dan belimbing wuluh. Agar lebih segar, juru masak di rumah makan ini biasanya menambahkan potongan buah nanas ke dalam kuah tersebut.

Ikan tengiri dipotong-potong, kemudian dilumuri dengan air jeruk nipis dan garam, lalu didiamkan beberapa saat agar tidak amis. Selain tengiri, bisa juga menggunakan bandeng, kerapu, atau ikan kakap, sebagai bahan dasarnya. Langkah berikutnya, rebus air dan masukkan semua bahan kecuali potongan ikan. Rebus kuah tersebut hingga mendidih. Kemudian masukkan potongan-potongan ikan, dan masak dengan api kecil hingga ikan matang. Terakhir, tambahkan daun kemangi sesuai selera.

Pindang segar bercitarasa "berani" ini rasanya pas untuk memberi semangat ketika menjelajahi kota Jepara. Apalagi harganya tak membuat kantong bolong. Satu porsi pindang serani di rumah makan tersebut cukup dipatok Rp15.000. Ngiler ingin mencobanya?

( Diantika PW / CN27 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 587
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 1383
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 2199
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 1531
image
12 Agustus 2014 | 15:46 wib
Dibaca: 1391
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER