panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 Juni 2012 | 18:31 wib
Menyantap Variasi Nasi Nusantara di Solo
image

BAGI sebagian besar orang Indonesia, rasanya belum bisa dibilang makan jika belum menyantap nasi. Makan selain nasi hanya dianggap sebagai camilan. Lantaran ini pula muncul banyak masakan berbahan dasar nasi di berbagai daerah dengan ciri khas masing-masing.

Solo, tentu sudah sangat terkenal dengan nasi liwet. Namun, menyebut nasi krawu, belum tentu banyak orang mengenalinya. Nasi krawu merupakan makanan khas dari Gresik Jawa Timur. Nasi ini disajikan bersama dengan sate lilit ikan mahe-mahe dan ikan teri jengki khas Medan. Di atasnya kemudian ditaburi serundeng. Rasanya yang asing gurih dipadukan dengan sambel terasi, menggugah selera.

Ada lagi nasi megono, khas Pati Jawa Tengah. Nasi ini disajikan dengan cara unik, sebab dicetak dengan lubang di bagian tengahnya. Pada lubang ini diisi dengan urap sayur, ayam suwir dan nangka muda. Disajikan dengan teri goreng plus sambel terasi, makanan ini terasa sangat segar.

Selama tiga bulan ke depan, nasi krawu dan nasi megono akan melengkapi promo menu "Nasi Nusantara" yang bisa dinikmati di Hotel Solo Paragon. Executive Chef Tunjung Lukito telah mengemas sajian tersebut sehingga membuat penikmat kuliner akan tergoda mencicipinya.

"Namun, tidak hanya dua macam nasi tersebut, masih ada empat menu lain yang menjadi andalan promo menu ini. Yakni nasi pepes, nasi kluwak dan nasi langgi," papar dia.

Nasi pepes merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Di dalamnya berisi ikan patin sebagai lauk. Adapun nasi kluwak adalah nasi yang dimasak dengan bumbu rawon, dicampur dengan telur asin dan lalapan. Sedangkan nasi langgi disajikan dengan unik, tidak hanya dilengkapi dengan telur dadar dan lalapan. Udang goreng tepung turut disertakan untuk menggugah selera. Uniknya, ada nasi merah putih yang dikreasikan untuk memeriahkan HUT ke 67 RI.

Communication Coordinator Solo Paragon Hotel and Residences, Nicky Olivia menjelaskan, berbagai sajian ini akan ditawarkan kepada tamu mulai bulan depan. Berbagai masakan ini akan disajikan menyongsong liburan, Ramadan dan Lebaran. Menu ini Cukup dengan Rp 35.000, tamu bisa menikmati sajian khas nusantara ini. Satu porsi masakan ini terasa pas, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.

"Kami berharap kreasi dari chef kami bisa menjadi salah satu alternatif tamu menikmati kuliner selama berada di Solo," ucapnya.

( Astuti Paramita / CN27 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 2462
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 3334
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 4026
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 4896
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 2002
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER