panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Mei 2012 | 11:30 wib
Red Velvet, Si Merah nan Lezat
image

NIKMATILAH red velvet cake meski terbilang cukup mahal, dijamin anda akan mendapatkan kenikmatan. Di Solo, kue berbahan dasar tepung terigu tersebut per potong seharga Rp 28.000 dan Rp 385.000 untuk setiap loyang.

"Cake yang satu ini sangat menggoda bagi yang melihat. Tampilannya cantik dan menarik, di samping rasanya manis dan melting di lidah," kata Yopie Muchtar, chef executive The Sunan Hotel Solo, saat launching kue tersebut.

Sebenarnya bahan dasar dan cara pembuatan kue red velvet sama seperti makanan ringan pada umumnya. Tepung terigu yang menjadi bahan utama dicampur dengan mentega, telur, garam, gula, mentega, buttermilk, baking soda, dan lainnya.

Menurut Yopie, resep rahasia cake itu adalah campuran asam cuka yang telah disuling. Sulingan asam cuka itu memjadikan warna merah menyala pada kue serta tekstur yang padat tapi lembut. Yang istimewa dari kue tersebut adalah olesan krim keju yang lezat serta taburan kacang almon di sekelilingnya.

"Ini bukan brownies atau black forest. Red velvet lebih dari itu. Kue ini banyak menjadi pilihan para pengantin atau orang-orang yang merayakan ulang tahun atau valentine day," paparnya.

Dari runutan sejarah, kue tersebut konon sudah dikonsumsi warga Amerika Serikat sejak 40 tahun lalu. Lantaran harganya cukup mahal maka hanya orang-orang tertentu yang menikmati. Maka tidak salah kalau red velvet juga disebut kue bangsawan.

Belakangan, banyak resto dan cafe di beberapa ibu kota provinsi di Indonesia menyuguhkan kue tersebut dalam menu utama. Di Jateng, khusunya di Solo bisa didapat di Royal Espresso Coffe and Tea Lounge, lobby The Sunan Hotel. "Untuk Solo dan Jateng, kami yang menjadi pelopor," tambah general manager (GM) setempat, Dicky Sumarsono.

( Langgeng Widodo / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 6392
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 7274
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 8079
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 8840
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 2184
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER