panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 April 2012 | 16:38 wib
Tour Kuliner Sate di Jateng & DIY (10)
Legitnya Sate Kempleng Ungaran
image

TIDAK jauh dari kota Semarang, ada satu menu sate sapi yang cukup tersohor. Sate Sapi Pak Kempleng Ungaran. Jika Anda penggemar cita rasa manis khas lidah Jawa, sate sapi yang satu ini pasti cocok di lidah Anda.

Memang di sepanjang Jalan Diponegoro Ungaran, ada beberapa warung yang menamakan Sate Sapi Pak Kempleng. Namun malam itu, kami memilih mampir di Sate Sapi Pak Kempleng 2, terletak di jalan Diponegoro 274 Ungaran, yang merupakan generasi ketiga Sate Sapi Pak Kempleng.

Dulunya, Sakimin atau yang sering dikenal dengan nama Pak Kempleng menjajakan sate sapi berbumbu khas ini dengan angkringan yang dipanggulnya. Dia keluar-masuk gang di kota kecil berhawa dingin ini untuk menawarkan sate sapi kepada para pelanggannya. Pak Kempleng kemudian menurunkan resep ini kepada anak dan cucunya yang kemudian pada tahun 80-an mereka mulai mengelola Sate Sapi Kempleng. Sate Kempleng 1 dan Sate Kempleng 2 lokasinya berseberangan, Sate Kempleng 3 berlokasi di dekat kampus Undaris, Sate Kempleng 4 berada di Banyumanik Semarang dan Sate Kempleng 5 ada di Jatibening, Jakarta.

Keistimewaan sate ini terletak pada tekstur dagingnya yang berotot namun lembut dan tak berlemak. Jadi tidak perlu bersusah payah mengunyahnya, karena setiap keratnya tidak alot. Menurut Sri Suarni, cucu mantu Pak Kempleng, sebelum dibakar, lemak-lemak yang menempel di daging sapi memang sengaja dibersihkan terlebih dahulu, ini agar mengurangi kadar kolesterolnya.

"Rasa satenya memang manis ya, karena sebelum dibakar, potongan-potongan direndam ke dalam bumbu yang sudah dicampur gula aren," kata Sri Suarni yang kini meneruskan usaha warung Sate Sapi Pak Kempleng 2.

Tak heran, proses masaknya ini membuat citarasa daging sapinya legit meresap hingga ke dalam daging. Bumbu kacangnya terasa ringan, tapi sedap dan tidak pedas sama sekali. Untuk sensasi pedasnya, Anda bisa menambahkan sendiri irisan cabai hijau dan bawang merah yang dihidangkan secara terpisah.

Konon Pak Kempleng memiliki teknik khusus untuk mengolah daging sapi supaya menjadi tidak alot seperti sate ini. Daging yang empuk didapatkan dari bagian khas dalam dan lulur. Untuk menikmati seporsi menu sate sapi Pak Kempleng 2, siapkan kocek Rp. 26.000 untuk 10 tusuknya.

( Diantika PW / CN27 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 622
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 1392
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 920
image
12 Agustus 2014 | 15:46 wib
Dibaca: 990
image
11 Agustus 2014 | 15:02 wib
Dibaca: 1291
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER