panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Februari 2012 | 18:52 wib
Padi Menguning, Petani Wiwit Bersama
image

WIWIT BERSAMA: Para petani warga Dusun Dobangsan dan Dusun Graulan, Desa Giripeni, Wates, Kulonprogo menggelar tradisi wiwit bersama sebelum panen, di bulak Graulan, Kamis (23/2). (suaramerdeka.com/ Panuju Triangga)

SEMILIR angin menggoyangkan tanaman padi yang mulai menguning terhampar di bulak Graulan, Desa Giripeni, Wates, Kulonprogo. Pagi menjelang siang itu para petani tampak bersemangat, padi segera memasuki masa panen dan mereka menggelar tradisi wiwit bersama, Kamis (23/2).

Wiwit memang menjadi tradisi turun temurun yang dilakukan petani sebelum dipotongnya tanaman padi untuk dipanen. Di Desa Giripeni, setiap tahun para petani menggelar wiwit secara bersama-sama. Seperti yang digelar Kamis (23/2), petani warga Dusun Dobangsan dan Dusun Graulan mengawalinya dengan kirab.

Puluhan petani berkumpul di rumah salah satu warga kemudian berbondong-bondong menuju sawah dengan berkirab diiringi kesenian sholawatan. Mereka mengusung uborampe seperti nasi tumpeng, ingkung, jenang, potongan padi, hasil-hasil sawah, dan dedaunan dari desa yang menyimbolkan kesuburan. Uborampe berupa dedaunan dan potongan padi yang diikat menjadi satu kemudian ditancapkan di tengah sawah.

Para petani selanjutnya menggelar kenduri makan bersama dan doa bersama di gubug tani. Menurut salah satu petani, Sunaryono, digelarnya wiwit bersama itu dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberi hasil padi yang sangat melimpah. "Juga untuk melestarikan adat budaya Jawa. Petani di sini menggelar wiwit bersama setahun sekali setiap sebelum panen masa tanam (MT) pertama. Kami sekaligus berdoa bersama agar panen masa tanam kedua lebih baik lagi," ungkapnya.

Sarana Komunikasi

Acara itu dihadiri juga sejumlah pejabat dari Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kulonprogo, pemerintah desa, dan pemerintah kecamatan setempat. Dalam kesempatan itu sekaligus dilakukan juga dialog temu teknologi membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani dan upaya untuk mengatasinya.

Menurut Ketua Kelompok Tani Martani Dusun Dobangsan, Dikin (62), hasil panen padi kali ini diperkirakan akan lebih baik dibanding panen tahun lalu. Pada 2011 lalu, dari sekitar 43 hektar lahan sawah di wilayah itu tingkat produktifitas pada MT I sebesar 9,63 ton/ha, sedangkan MT II sebesar 7,84 ton/ha.

"Ini yang ditanam varietas ciherang. Sepertinya hasil panen kali ini akan lebih bagus dari tahun lalu. Walaupun di awal masa tanam aliran air irigasi sempat terlambat dan ada serangan hama sundep, tapi bisa diatasi. Yang sempat terserang sundep 0,2% atau sekitar 2 ribu meter persegi," katanya.

Terpisah, Kabid Tanaman Pangan Dispertahut Kulonprogo, M Aris Nugroho mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan tradisi yang digelar para petani. Menurutnya, forum-forum seperti wiwit bersama tersebut sekaligus bisa menjadi sarana bertemu dan berkomunikasi untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan dan sasaran dinas.

"Juga sebagai evaluasi, karena di situ dilakukan pengukuran hasil panen secara ubinan. Dari situ bisa diketahui hasinya bagaimana, apakah baik atau kurang baik," katanya.

Secara umum, Aris menambahkan, pada 2012 ini ditargetkan total hasil panen padi di Kulonprogo bisa mencapai 127.901 ton gabah kering giling (GKG). Pada MT I ini di beberapa tempat menunjukkan hasil ubinan sudah baik. Untuk mencapai target hingga akhir tahun akan digenjot pada MT II dengan pengawalan melalui kegiatan sekolah lapangan pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT).

"Tahun 2012 ini kami berupaya meningkatkan produktivitas padi di Kulonprogo dari 62,78 kuintal/hektar tahun lalu, menjadi 65,69 kuintal/ha tahun ini," tandasnya.

(Panuju Triangga/CN27)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
10 April 2014 | 19:05 wib
Dibaca: 312
image
09 April 2014 | 22:22 wib
Dibaca: 308
image
06 Maret 2014 | 22:54 wib
Dibaca: 1281
image
16 Februari 2014 | 12:41 wib
Dibaca: 1821
image
23 Januari 2014 | 23:48 wib
Dibaca: 2160
Panel menu tepopuler dan terkomentar
10 April 2014 | 19:05 wib
FOOTER