panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 Juli 2012 | 12:38 wib
Eksotisme Desa Tertinggi di Pulau Jawa
image

TELAGA CEBONG: Pemandangan Telaga Cebong di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar terlihat indah dari atas. (suaramerdeka.com/ Rinto Hariyadi)

WISATA Dieng selalu saja menawarkan pesona kepada pengunjung yang sulit untuk dilupakan. Daya tarik alamnya yang indah, asri dan sejuk berbalut tradisi masyarakat lokal yang khas menjadikan Dieng cukup disegani dan diperhitungkan oleh wisatawan, baik lokal maupun manca negara. Keunggulan Dieng adalah banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi dalam satu komplek, seperti di kawasan wisata Desa Sembungan. Di desa tersebut terdapat dua obyek wisata alam sekaligus yang luar biasa indah, yakni Telaga Cebong dan Puncak Sikunir.

Menyoal tentang Desa Sembungan, adalah sebuah desa yang masuk ke wilayah Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Sembungan merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup diminati wisatawan. Desa ini terletak disebelah Barat Dieng. Untuk dapat sampai ke lokasi Desa Sembungan terbilang cukup mudah, karena sarana jalan utama Dieng sudah halus beraspal. Hanya saja satu kilometer dari jalan utama Dieng menuju lokasi Desa Sembungan kondisi jalannya rusak. Namun demikian pungunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor pribadi masuk ke lokasi wisata. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan jasa ojek.

Pesona Sembungan memberi kesan tersendiri dikalangan wisatawan. Di tepi Desa Sembungan terdapat sebuah telaga yang cukup kondang, yaitu Telaga Cebong. Telaga dengan mata air yang senantiasa mengeluarkan air dari bawah tanah menjadikan Telaga Cebong terlihat jernih menawan. Di samping telaga terdapat pemandangan bukit-bukit menjulang berselimut kabut tipis serta kesejukan yang alami. Selain itu, warga Desa Sembungan mayoritas bekerja sebagai petani sayur dengan memanfaatkan potensi lahan yang ada, menjadi daya pikat tersendiri. "Wisatawan bisa menikamti pemandangan alam berikut aktivitas petaninya," kata Kades Sembungan, Muh Khozin, Kamis (26/7).  

Konon, Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter diatas permukaan air laut. Suhu udara di Desa Sembungan sangat dingin, terutama saat musim kemarau yang biasa terjadi pada Juli dan Agustus. Tak hanya itu. Di ujung desa juga terdapat Bukit Sikunir yang menghadirkan pemandangan matahari terbit yang indah.

Petani Carica

Banyak yang bilang bahwa keindahan matahari terbit di Bukit Sikunir adalah pemandangan terbaik yang pernah ada di Pulau Jawa. "Banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung untuk menikmati matahari terbit dengan sensasi udara dingin yang menusuk. Jika kondisi cuaca cerah, beberapa kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta terlihat dari atas Bukit Sikunir," paparnya.

Karena itu, masyarakat Desa Sembungan berusaha agar kawasan tersebut menjadi desa wisata seperti Dieng. Masyarakat setempat mulai sadar akan perkembangan industri pariwisata. Saat ini sudah banyak sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan wisatawan, seperti homestay, tempat peristirahatan serta kapal yang dimanfaatkan untuk mengelilingi Telaga Cebong.

Masyarakat asli Sembungan hampir sebagaian besar bermata pencaharian sebagai petani sayur dan carica. Di Desa Sembungan produksi carica berkualitas sangat baik, karena tanah di wilayah tersebut sangat subur dan berada diatas ketinggian yang cukup sehingga carica bisa tumbuh berkembang dengan baik. Rencananya, warga Sembungan akan mencanangkan kebun carica sebagai wisata tambahan.

"Sembungan menawarkan pesona memikat yang cocok sekali untuk tujuan wisata saat Lebaran atau musim libur lainnya," kata Muh Khozin.

(Rinto Hariyadi/CN27)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
28 Agustus 2014 | 10:45 wib
Dibaca: 737
image
25 Agustus 2014 | 11:41 wib
Dibaca: 937
image
22 Agustus 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 1216
image
18 Agustus 2014 | 11:07 wib
Dibaca: 2472
image
13 Agustus 2014 | 12:10 wib
Dibaca: 2031
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER