panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Maret 2012 | 15:12 wib
Anang Ajak Desainer Muda Jadi Agent Of Return
image

(suaramerdeka.com/ Apit Yulianto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Roadshow Nirmana Award saat mampir di Semarang, selain mengajak anak-anak Akademi Bersama Semarang untuk lebih mengetahui soal desain grafis pada Jumat (9/3), Nirmana Award pun menyapa mahasiswa fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Senin (12/3) pagi.

Bertempat di ruang rapat gedung D lantai 1 Udinus, tim Nirmana Award pun mendatangkan pembicara yakni Anang Pradipta yang merupakan ketua panitia Nirmana Award dan sekaligus founder GantiBaju.com. Di depan puluhan mahasiswa DKV itu, Anang mengajak bahwa desainer-desainer muda dapat menjadi Agent Of Return.

Anang pun menjelaskan dalam dunia desain ada tiga hal yang sangat mendasar, yakni amati, tiru dan tambahkan. Tiga hal ini pun sering juga diterapkan oleh siapa saja di dalam kehidupan. Bahkan tokoh pahlawan Indonesia, Ki Hajar Dewantara mengatakan hal yang sama dalam bahasa jawa, titeni, tiru dan tambahi.

Makna kata-kata tersebut jika dalam dunia desain, menurutnya adalah dimana seorang desainer saat ingin menghasilkan sebuah karya boleh mencermati dulu karya-karya yang sudah ada. Lalu ditiru dan tambahkan dari ide original dari desainer tersebut.

Dengan penambahan ide original dari desainer tersebut, maka akan tercipta karakter yang khas dari semua hasil karya sang desainer. Selain itu, Anang pun menceritakan bagaimana sejarah dan awal mulanya saat mendirikan situs gantibaju.com itu.

Dia mengatakan, memang situs yang selalu menyelenggarakan kompetisi desain kaos bertemakan Indonesia itu awal mulanya meniru konsep sebuah situs yang serupa dari luar negeri. Namun bila konsep tersebut ditiru seutuhnya, situs tersebut pun tak akan sesuai dengan apa yang ada di Indonesia.

"Lalu, kami pun berkreasi dengan menambahkan ide-ide segar dan kreatif, hingga situs gantibaju.com mempunyai karakter sendiri dan sesuai kebutuhan yang ada di lingkungan kami", ujar pria kelahiran Semarang 29 tahun lalu itu. Hingga kini, lewat situs gantibaju.com tersebut telah lahir desainer-desainer muda berbakat dan juga, situs ini telah menampung ratusan desain yang akhirnya dicetak menjadi kaus.

Sementara itu, kompetisi Nirmana Award ini dapat dijadikan sebagai wadah menjadi salah satu wadah yang memberikan keleluasaan bagi para desainer untuk berkreasi terutama di industri desain. Kompetisi yang pertama kali ini mengusung tema "Warna Kreasi Indonesia" dengan memiliki enam kategori yaitu ilustrasi, digital imaging, comic strip, desain t-shirt, typography, serta video grafis.

(Apit Yulianto/CN29)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
16 April 2014 | 13:13 wib
Dibaca: 2271
image
08 April 2014 | 09:57 wib
Dibaca: 4089
image
02 April 2014 | 12:43 wib
Dibaca: 3061
image
31 Maret 2014 | 08:52 wib
Dibaca: 2201
image
26 Maret 2014 | 08:51 wib
Dibaca: 2667
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER