panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Juni 2013 | 20:54 wib
Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2013 Kembali Bergulir
­
image

JAKARTA, suaramerdeka.com - Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2013 yang telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-16, kembali bergulir, dan siap memuncaki acaranya pada 2 Juli mendatang di studio 8 RCTI. Di tengah tanggapan yang kurang positif dari pelaku industri musik dan musisi Indonesia, yang seharusnya justru menjadi pendukung terberat dan terkuatnya, gelaran AMI bergeming pada niat awalnya. Yaitu memberikan apresiasi kepada pekerja dan seniman musik Indonesia selama satu tahun kebelakang.

Sebagaimana dikatakan Tantowi Yahya selaku Ketua Umum AMI Awards, gelaran yang berkiblat pada ajang Grammy Awards di AS itu, diharapkan tetap menjadi pesta tertinggi insan musik Indonesia. Meski di saat bersamaan, gengsinya diasadari, dapat dikatakan mulai pudar di mata para musisi. Meski demikian, rating gelaran AMI Awards, masih menurut dia, "Dari tahun ke tahun, tetap besar," katanya di Jakarta, Selasa (11/6) petang.

Dia menambahkan, membuat sebuah gelaran awarding seperti AMI Awards yang telah berlangsung sekian lama, tidak mudah. "Karena kami harus membuat sisten penjurian yang kredibel, transparan, dan adil," katanya.

Dan hasil dari penjurian itu, langsung diserahkan kepada akuntan publik, untuk menjaga kerahasiaanya. "Jadi tidak ada kongkalingkong atau pesanan produser, atau sekedar maunya Tantowi".

Tahun ini, AMI Awards terbagi menjadi 49 kategori, mulai dari pop, rock, jazz, dangdut, keroncong, reggae, hingga rap. Selain tiga kategori bidang umum, yaitu Pendatang Baru Terbaik, Album Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik. Menurut Seno M Hardjo, board of director AMI Awards, proses awal penjurian dimulai dengan merekrut 20 orang dari kalangan musisi, pengamat musik, dan record label yang tergabung dalam tim kategorisasi, "Yang bertugas memilah beragam entri musik yang terdaftar dalam kategori yang tepat".

Tugas memilah dan memilih itu dilakukan oleh tim kategorisasi yang beranggotakan diantaranya Syaharani, Ikke Nurjanah, Ramondo Gascoro, Andre Sumual, dan Maera Panigoro.

Pada puncak acara nanti, dipastikan juga sejumlah artis pendatang baru, yang sedang naik daun bahkan senior, akan dihadirkan, demi kembali menaikkan gengsi awarding ini. Karena, sebagaimana dikatakan Tantowy, sejatinya AMI Awards memang merangkum beragam musisi dari lintas generasi. Katanya sembari menyebut sejumlah nama penampil seperti Kla Project, Ikke Nurjanah, Nicky Astria, hingga Dian Piesesha.

Sebagai salah satu penggagas gelaran AMI, Tantowi juga berharap, pada saatnya nanti, di setiap gelaran AMI Awards, semua musisi Indonesia dapat meluangkan waktunya, untuk turut mensuksesan gelaran itu.

"Untuk saat ini, AMI bisa dikatakan belum berarti bagi sebagian para musisi. Tapi mudah-mudahan, someday somehow," katanya masygul, membandingkan dengan gelaran Grammy Awards. Yang tiap tahunnya senantiasa diahadiri para nominator dan pemenangnya.

Lepas dari sepinya tanggapan para pendukungnya sendiri, Tantowi dengan semangat yang sama, sejak kali pertama mengalirkan hajatan itu pada tahun 1987, tetap yakin akan kesuksesan hajatan itu di tahun-tahun mendatang.

(Benny Benke/CN38)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
27 Juli 2014 | 20:28 wib
Dibaca: 300
27 Juli 2014 | 20:26 wib
Dibaca: 223
27 Juli 2014 | 20:24 wib
Dibaca: 285
image
27 Juli 2014 | 20:12 wib
Dibaca: 328
image
27 Juli 2014 | 20:03 wib
Dibaca: 311
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER