panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Mei 2013 | 20:59 wib
Film "Jokowi" Dibuat Dengan Hati
­
image

JAKARTA, suaramerdeka.com - Film Jokowi produksi K2k Production dalam waktu dekat ini, atau mulai tanggal 20 Juni akan segera diedarkan ke pasar. Film yang bernarasi tentang perjalanan hidup Jokowi yang saat ini menjadi Gubernur DKI itu.

Sebagaimana dikatakan produser K2K Production KK Dheeraj, "Saya buat sebagai bentuk hormat dan apresiasi saya kepada pak Jokowi yang menurut saya, sangat mengispirasi siapapaun," katanya dalam acara syukuran, peluncuran poster, dan penayangan  perdana trailer film Jokowi di Jakarta, Senin (20/5).

Di dampingi sejumlah pendukung lakon seperti Prisia Nasution, Teuku Rifnu Wikana, Ayu Diah Pasha, Susilo Badar, dan Azhar Kinoi Lubis selaku sutradara, Dheeraj sekaligus mengumumkan secara terbuka, "Di film ke-30 saya ini, saya tidak akan kembali memproduksi film bergenre horor," katanya.

Sebagai catatan, ke-29 film produksi K2K Production sebelunya senantiasa bergenre horor kacangan yang ceritanya sangat picisan, dan tidak jelas. Via film yang menurut dia membutuhkan proses penggarapan selama delapan bulan, dan syuting selama 30 hari di Solo dan Yogyakarta, dia berharap banyak nilai positif yang diemban film ini.

Film ini juga dilakoni Ratna Riantiarno, dan Landung Simatupang. Secara garis besar, film yang telah mendapatkan restu Jokowi secara langsung itu, hanya menyoroti perjalanan hidup Jokowi dari lahir dan berhenti hingga menikah. Tokoh Jokowi diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana, sedangkan istrinya diperankan Prisia Nasution. Sedangkan ayah Jokowi diperankan Susilo Badar, dan Ratna Riantiarno didapuk sebagai ibunda Jokowi.

Dheeraj bercerita, ketika kali pertama menghadap Jokowi untuk memohon ijin atas pembuatan film yang sepengakuannya angka produksinya mencapai 15 miliar rupiah itu, "Jokowi hanya menjawab, saya ini bukan siapa-siapa loh," katanya.

Tapi, karena Dheeraj bersikeras membuat film tentang perjalanan hidup Jokowi, yang datanya diadapatkan dari hasil wawancara orang-orang terdekat Jokowi dan 20 buku yang bercerita tentang Jokowi, akhirnya mantan Walikota Solo itu hanya bisa memberikan restu.

Bahkan trailer 2 menit yang ditonton bersama wartawan, Senin (20/5) siang kemarin, sudah dia kirimkan ke Jokowi. "Dan kami harapkan 10 hari sebelum penayangan perdana pada tanggal 20 Juni, kita dapat nonton bareng bersama pak Jokowi," imbuh dia.

Menurut Kinoi selaku sutradara, ketika dirinya kali pertama ditelpon, kemudian diajak bertemu dan ditawari menjadi sutradara oleh Dheeraj, "Saya sempat nggak percaya, soalnya ini film tentang tokoh yang masih hidup dan sangat populer di masyarakat," katanya.

Lulusan IKJ, dan 10 tahun telah menjadi asisten director sejumlah sutrdara, diantaranya bersama Garin Nugroho hingga Teddy Soeryaadmadja itu, akhirnya dengan pendekatan dari hati, berhasil menyelesaikan film drama itu.

Meminjam pemikiran Alhamruh Teguh Karya, dia membesut film Jokowi tidak menggunakan konsep yang muluk-muluk.

"Film ini tidak terlalu banyak konsep, tapi saya hanya memberikan rasa," katanya. Film yang diklaim bersih dari unsur politis ini, juga sebisa mungkin mengalirkan pesannya dengan ringan, tanpa harus kehilangan kedalaman.

Oleh karenanya, dia membungkus film Jokowi dengan kesederhanaan, sebagai sosok Jokowi yang sesungguhnya, "Namun tetap mengusung perasaan yang dalam," tekannya.

(Benny Benke/CN38)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
21 Juli 2014 | 21:28 wib
Dibaca: 255
image
21 Juli 2014 | 21:24 wib
Dibaca: 258
image
21 Juli 2014 | 20:09 wib
Dibaca: 429
image
21 Juli 2014 | 20:05 wib
Dibaca: 192
image
21 Juli 2014 | 19:59 wib
Dibaca: 223
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER