panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Februari 2013 | 18:31 wib
Fatin "X Factor" Paling Mencuri Perhatian
­
image

JAKARTA, suaramerdeka.com - Siapakah nama yang paling mencuri perhatian dalam ajang X Factor Indonesia? Sebuah ajang pencarian bakat yang diadopsi dari The X Factor, Inggris, yang diciptakan oleh Simon Cowell. Yang di Indonesia diproduksi oleh FremantleMedia dan bekerja sama dengan RCTI.

Di ajang pencarian bakat menyanyi, dan diudarakan setiap episode selama 200 menit, dan ditayangkan sejak 28 Desember 2012 itu, perhatian publik akhir-akhir ini mengarah pada nama remaja berumur 16 tahun bernama Fatin Shidqia Lubis.

Apa yang istimewa dari gadis yang masih mengenakan seragam putih abu-abu, dan mengenakan jilbab dengan cara paling sahaja, layaknya anak tetangga yang lewat di depan rumah kita itu? Sehingga membuat para juri tetap X Factor Indonesia; yaitu Ahmad Dhani, Anggun, Bebi Romeo, dan Rossa seperti tidak kehabisan bahan untuk melayangkan sanjung puji kepadanya?

Sampai-sampai --paling tidak hingga saat ini-- setelah ajang itu menyaring pesertanya di kota Medan, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta, nama Fatin paling banyak menyedot perhatian via Youtube! Ya, dalam X Factor Indonesia, ajang yang diklaim sebagai The Ultimate Singing Competition yang telah sukses di lebih dari 40 negara, dan sekarang mampir di Indonesia, Fatin bahkan telah menjadi "bintang" bahkan sebelum ajang itu purna, dan merangkum pemenangnya.

Lihatlah, bahkan dalam tahap audisi, Fatin yang aktifitas sehari-harinya adalah bersekolah dan ngeband, dan jika lolos ke tahap berikutnya, katanya pada sebuah ketika, hanya berharap, "Dapat pelatihan vokal yang bagus, dan nambah pengalaman," itu, membawakan single "Grenade".

Masih berseragam putih abu-abu, ketika membawakan single yang dipopulerkan oleh Bruno Mars, dan dicomot dari debut albumnya bertajuk Doo-Wops & Hooligans, seketia dia langsung mencuri perhatian. Sampai-sampai membuat Mulan Jamela, Bebi Remoe, Rossa dan Ahmad Dhani, yang saat itu ada di depannya, dibuat ternganga-nganga.

Didampingi ibunya di belakang panggung, single "Grenade," langsung memberikannya semacam wildcard dalam olahraga tennis. Simaklah komentar Rossa, yang mengatakaan, "Temen-temen kamu tahu, (kalau) suara kamu bagus."
Dengan polos Fatin menjawab, "Biasa aja."
Ahmad Dhani menimpali, "Kamu nyanyi dari umur berapa?"
Maka Fatin menjawab, "Dari kecil. Nyanyi di kamar mandi."

Seketika Dhani berujar, "Kamu mulai sekarang jangan jadi pemalu. Karena Ahmad Dhani suka suara kamu, dan mengingatkan (saya) pada suara Cyndi Lauper yang membawakan single "Time After Time". Maka, sejak saat itu, Fatin yang memilih Rossa sebagai pengampu teknik bernyanyinya, seolah menjadi bintang yang diperebutkan para anggota dewan juri panel.

Dan hingga, Selasa (19/2) siang, Youtube single "Grenade" yang dinyanyikan Fatin, telah ditonton oleh 1.033.548 orang. Setelah itu, nama Fatin mendapat sebutan, "anak sekolah yang ikutan X Factor", seperti terus ditunggu-tunggu para penggemar dadakannya.

Hal itu terbukti ketika dia membawakan single "Pumped Up Kicks" di episode ke 6 X Factor. Single milik sebuah grup band dari Amerika Serikat bernama Foster the People, beraliran indie pop itu, lagi-lagi membuat jatuh hati para juri. Di Youtube, ketika Fatin membawakan single itu, telah ditonton oleh 884.425 orang.

Apa komentar Rossa ketika "Pumped Up Kicks" usai dibawakan Fatin? "Kalau kamu nyanyi, temponya tepat. Tapi, kalau gerak kok nggak (tepat) ya, tapi lucu," ujar Rossa. Ahmad Dhani, setali tiga uang mengatakan hal yang sama.

Di belakang panggung, ketika dimintai komentar, beberapa aksinya telah banyak menimbulkan perhatian ketika diunggah di Youtube, Fatin berujar datar, "Nggak nyangka aja, dampaknya, ada Fatinovers, seneng aja."

Kini, nama Fatin, makin difavoritkan sebagai salah satu favorit juara X Factor Indonesia, --paling tidak telah dinobatkan sebagai Champions of the People atau juara masyarakat--, ketika dirinya membawakan single "Diamond" milik Rihanna yang diambil dari album Unapologetic (2012).

Pada single yang intronya berbunyi; //Shine Bright like a diamond, Shine Bright like a diamond// itu, Anggun, penyanyi Indonesia yang telah mendunia itu mengatakan, "Fatin, kamu anggun, kamu itu kelebihannya banyak. Kamu cantik, suaranya bagus, kamu ada identitas suaranya. Jadi, kalau kamu nyanyi, kita tahu, itu Fatin. Kamu umur berapa," tanya Anggun.
"16 tahun," jawab Fatin.
"Kamu pernah dulu latihan vokal?"
"Belum pernah," jawab Fatin lagi.
Anggun menimpali, "Kan nyebelin, gak latihan vokal aja kayak gini (suaranya). Udah gitu buat aku, kamu mempunyai kelebihan lainnya. Kamu berjilbab, (tapi tetap bisa) menunjukkan kepada kita, kamu bisa modis dan fashionable."

Sanjungan lagi-lagi juga meluncur dari mulut Bebi Romeo. Sampai-sampai dia seperti kehabisan kata-kata, "Fatin, wow. Kamu ini penyanyi yang mestinya nggak boleh gagal. Kalau kamu sampai gagal, saya marahin mama kamu."
Seketika Ahmad Dhani menimpali, "Maksudnya kamu harus juara satu 1?".
Buru-buru Bebi menjawab, "Bukan gitu maksudnya, itu spontan aja. kamu bukan main," imbuh Bebi kepada Fatin.
Setelah itu, Ahmad Dhani mengatakan, "Sama dengan juri yang lain. Ahmad Dhani suka suara kamu."

Rossa, yang menjadi pengampu Fatin sumringah, dengan hanya mengatakan, "InsyaAllah kita bisa lebih baik lagi Minggu depan ya. Semoga yang ngefans kamu tambah. You are doing good job."

Meski sempat terpeleset, ketika lupa pada lirik lagu "Rindu" yang dia bawakan bersama grup 6, dan sempat membuat Fatin menangis di balik panggung, karena faktor gugup. Fatin tetap mampu membuat juri, paling tidak hingga saat ini, dia mempunyai faktor x untuk menjadi pemenang.

Hal itu, paling tidak sudah diakui Maya, ketika menguji kemampuannya di rumah Rossa bersama si empunya nama, ketika membawakan single "Cintakan Membawamu Kembali" milik Dewa 19. Maya yang sempat berkomentar, "Seharusnya kamu pantasnya ngaji." Setelah Fatin tampil, Maya berkomentar, "Menurut gue, dia punya karakter, tapi untuk menyanyikan lagu ini, dia tidak cocok, karena bukan sesuatu yang mudah," katanya.

Bagaimana pendapat pemerhati musik Bens Leo ihwal penampilan Fatin di X Factor Indonesia? Apa yang istimewa dari warna vokal dan teknik bernyanyinya? "Kekuatan vokal, karakter dan pilihan lagu yang tepat membuat Fatin menjadi istimewa di X Factor Indonesia," katanya. Jika hanya berbekal kekuatan vokal dan karakter, tapi pilihan lagunya tidak tepat, imbuh dia, "Jadinya akan kacau."

Oleh karena itu, di ajang X Factor di berbagai negara, terutama di Inggris dan Amerika, produser yang tepat yang berada di belakang seorang penyanyi, masih menurut Bens, "Sangat memengaruhi kesuksesan seorang penyanyi. Karena di ajang seperti X Factor dan The Voice of Indonesia, yang cara penilaiannya telah meninggalkan cara-cara lama seperti yang masih dilakukan di acara American Idol atau Indonesian Idol misalnya, "Kekuatan suara menjadi ukuran utama," ujar Bens.

Oleh karena itu, dengan kekuatan vokal, karakter dan pilihan lagu yang tepat, Fatin, menurut dia, akan mampu berbicara banyak di ajang X Factor Indonesia, "Tapi tetap harus ada orang yang tepat di belakang dia," katanya.

(Benny Benke/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
16 April 2014 | 07:36 wib
Dibaca: 110
image
15 April 2014 | 23:57 wib
Dibaca: 177
image
15 April 2014 | 23:54 wib
Dibaca: 176
15 April 2014 | 23:39 wib
Dibaca: 156
image
15 April 2014 | 23:36 wib
Dibaca: 126
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER