panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Agustus 2012 | 13:05 wib
Repertoar Gandamayu
Dari Perempuan, Ibu Sejati Langit dan Bumi
­
image

Ine Febriyanti sebagai Dewi Durga dalam reportoar Gandamayu

JAKARTA, suaramerdeka.com - Arcana Foundation bersama dengan Teater Garasi, didukung oleh Djarum Apresiasi Budaya akan menggelar "Repertoar Gandamayu". Pentas yang digubah berdasarkan novel Gandamayu karya Putu Fajar Arcana ini berkisah tentang Sudamala.

Pertunjukan Gandamayu akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta, pada 4 dan 5 September 2012 pukul 20.00, sekaligus sebagai bagian dari rangkaian acara ulang tahun GKJ ke-25.

Gandamayu bernarasi tentang kepatuhan dan kesetiaan perempuan, sebagai istri, ibu, dan sahabat. Kepatuhan Dewi Uma pada suaminya, Dewa Siwa; pengorbanan Dewi Kunti untuk anaknya, Sahadewa; serta kesetiaan persahabatan Dewi Durga dengan abdinya, Kalika.

Pertunjukan Gandamayu yang diikhtiarkan sebagai ajakan untuk menjaga kesucian dan kedamaian hati, berdurasi 1,5 jam, dengan menyajikan kisah mitologi ketimuran yang dikemas dalam balutan teater kontemporer. 

Sebagaimana dikatakan Can --demikian Putu Fajar Arcana biasa disapa--, banyak sekali yang dapat dipelajari dari kisah-kisah mitologi tradisional, "Seperti tentang nilai-nilai kehidupan yang sering kali terlupakan," katanya di Jakarta, Rabu (8/8).

Via Gandamayu, dia kembali mengingatkan untuk selalu menghormati ibu, istri, dan setiap perempuan. Bahwa peran dan ketulusan perempuan sering kali disepelekan, karena terbiasa dengan stigma yang melekat di masyarakat. "Kisah ini kembali saya angkat sebagai persembahan bagi kaum perempuan, Ibu sejati langit dan bumi," ucapnya.

Renitasari, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengatakan, reportoar Gandamayu adalah bagian dari upaya institusinya untuk turut melestarikan budaya, juga nilai-nilai kehidupan yang tercermin dari kisah di dalamnya.

Ujian kesetiaan
Ine Febriyanti yang berlakon sebagai Durga, sosok dewi yang dianggap gagal memenuhi ujian kesetiaan oleh Syiwa, mengatakan, bukan hanya nilai moral yang akan diangkat. Sebagai anggota tim produksi, dia bahkan berani mengklaim berhasil membuat formula yang pas sehingga Gandamayu menjadi sajian yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

Ine bersyukur bisa merasakan proses bersama aktor-aktor kawakan seperti Landung Simatupang dan Whani Darmawan. Apalagi, katanya, pementasan ini langsung ditangani oleh dua sutradara mumpuni seperti Yudi Ahmad Tajudin dan Gunawan Maryanto.

"Saya tahu siapa di balik Teater Garasi. Oleh karena itu sungguh kesempatan yang tak bisa dilewatkan ikuti berproses bersama mereka," ujar Ine Febriyanti.

Penyanyi Ayu Laksmi mengungkapkan keterkejutannya ketika ditawari ikut terlibat di dalam proyek Gandamayu. "Saya bukan aktris, sungguh awam dalam berakting," katanya merendah. Padahal penyanyi yang melahirkan album Svara Semesta ini pernah berperan dalam film Under The Tree besutan sutradara Garin Nugroho.

"Pokoknya saya akan berikan yang terbaik yang saya bisa buat Gandamayu," kata Ayu yang memerankan tokoh Kalika. Dalam pementasan Gandamayu, Ayu akan membawakan beberapa nyanyian yang khusus diciptakan untuk pementasan Gandamayu.

Dalam pementasan ini, Can bersama Yudi Ahmad Tajudin dan Gunawan Maryanto sebagai tim kreatif bekerja dengan sejumlah seniman teater termasuk Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Landung Simatupang, Whani Darmawan, Danang Pamungkas (penata koreografi) bersama para aktor/aktris Teater Garasi.

(Benny Benke/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
20 April 2014 | 18:41 wib
Dibaca: 186
image
20 April 2014 | 18:26 wib
Dibaca: 175
image
20 April 2014 | 18:25 wib
Dibaca: 166
image
image
20 April 2014 | 18:16 wib
Dibaca: 93
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER