panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Agustus 2012 | 14:04 wib
Ratna Dilla, Sang Nike Ardila Baru?
­
image

Ratna Dilla dan Deddy Dores. (suaramerdeka.com/Benny Benke)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sanggupkah kesuksesan mendiang Nike Ardila diteruskan Ratna Dilla? Yang sepenceritaan Deddy Dores, musisi yang menemukan, mengasah dan mempopulerkan nama Nike Ardila, merasa kembali menemukan sosok penyanyi yang pernah dibesarkannya dan meninggal dalam sebuah kecelakaan itu, pada sosok Ratna Dilla.

Oleh karena itu, ketika Ratna datang kepadanya dan memohon izin untuk membawakan single ciptaannya berjudul "Cintaku Takkan Berubah", yang pernah dipopulerkan Nike Ardila, "Saya langsung mengamini," ujar Deddy Dores di Jakarta, Senin (6/8) petang.

Dengan memberikan kebebasan kepada Ratna untuk membawakan single itu, sesuai gaya dan kemampuan vokalnya, Deddy tidak seketika "melepaskan" Ratna.

"Saya tetap mengontrol secara langsung vokalnya," katanya lagi. Hasilnya, menurut dia, "Ratna menyanyi dengan baik". Buktinya, take vokal single itu hanya dilakukan sekali.

Oleh karena itu Deddy Dores merasa menemukan pengganti Nike Ardila pada sosok Ratna Adilla. Terlebih jejak rekam Ratna sebelumnya pernah bersentuhan dengan sejumlah lagu milik musisi legendaris Indonesia lainnya. Seperti, dia pernah merilis album pop Sunda bersama Dadang S. Manaf (2204), kemudian membawakan lagu "Menunggu" milik Rhoma Irama pada 2006, sebelum lagu itu kembali dipoulerkan Ridho Roma. Plus merilis album Antara Aku, Kau dan Dia (2007) dan single "Kucing-Kucingan."

Deddy yang pernah bergabung di Superkid, Rhapsodia dan God Bless bercerita. Sejak awal bertemu Ratna, "Saya sempat ragu," katanya. Sebab, imbuh dia, Ratna mempunyai tulang dasar sebagai penyanyi dangdut. Tapi setelah dia coba dengan karakter baru, dengan warna Nike Ardila juga Anie Carera misalnya, ternyata hasilnya bagus, "Karakternya udah dapat sebagai penyanyi pop dan slow rock," katanya.

Bahkan dia menyanjung Ratna adalah penyanyi all around yang bisa nyanyi lagu apa saja, "Itu kelebihan dia," katanya.

Ratna yang juga bertindak sebagai produser di lagu itu bercerita, pemilihan single itu karena, "Lagunya gue banget. Selain ngefans dengan Nike, saya merasa cocok dengan lagu ini." 

Apakah dengan membawakan lagu mendiang Nike Ardila seketika pula dapat memindahkan kesuksesan yang dulu pernah diraih Nike? Belum tentu, jawab Deddy Dores.

Deddy mempunyai beberapa syarat untuk menyukseskan seorang penyanyi. "Yang saya nilai bukan vokalnya, tapi kepribadiannya. Dia harus tawaduk kepada saya, paling tidak." Tawaduk pengertiannya adalah, para penyanyi yang bekerja sama dengannya "Harus mengikuti apa yang saya mau."

Jika kepatuhan telah dilakukan Ratna, dia berani menjamin kesuksesan Insya Allah akan dia terima. "Saya terbiasa mengubah orang yang nggak bisa menjadi bisa nyanyi. Apalagi Ratna bisa menyanyi," katanya lagi.

Bahkan Deddy membocorkan sebuah rahasia, "Nike dulu nurut, bukan karena suaranya bagus." Selanjutnya, beberapa lagu hits milik Nike Ardila yang telah dia beli dari Deddy Dores, dan dipersiapkan untuk proyek mini album, yang menurut rencana akan rilis akhir tahun ini, akah menguji tuah Deddy Dores, apakah dia sanggup membangkitkan sosok Nike Ardila pada diri Ratna Dilla?

(Benny Benke/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga



    Panel menu
    image
    05 September 2014 | 22:52 wib
    Dibaca: 5721
    image
    05 September 2014 | 22:46 wib
    Dibaca: 5492
    image
    05 September 2014 | 22:43 wib
    Dibaca: 5278
    image
    05 September 2014 | 22:37 wib
    Dibaca: 5134
    image
    05 September 2014 | 22:33 wib
    Dibaca: 5163
    Panel menu tepopuler dan terkomentar
    FOOTER