panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 Juli 2012 | 10:10 wib
Iis Dahlia Didapuk Jadi Duta TKI
­
image

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ada berapa perkara yang membuat penyanyi dangdut Iis Dahlia turut sibuk mengurusi calon Tenaga Kerja Indonesia yang bersiap diberangkatkan ke luar negeri? Ternyata Iis oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar telah ditunjuk secara resmi sebagai Duta Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Tidak berlebihan bila, Minggu (29/7), dia bersama penyanyi Cinta Penelope turut mendampingi Menakertrans berbuka bersama sejumlah TKI di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN) Condet, Jakarta Timur.

Dalam kunjungan kerja itu, bersama Muhaimin Iskandar, Iis juga turut dengan tekun menyimak dialog dengan calon TKI, serta sempat beberapa kali menanyakan beberapa hal tentang kesiapan mereka, sebelum diakhiri dengan berbuka puasa bersama.

Kesempatan berdialog dengan sejumlah TKI, menurut Iis, adalah kesempatan jarang sekali diatemui. Tidak berlebihan bila dia mengaku senang mendapatkan informasi langsung dari para TKI, "Untuk kemudian permasalahan itu, dapat saya sampaikan langsung kepada bapak Menteri," katanya.

Meski dia menyadari Muhaimin pasti jauh lebih menguasai persoalan per-TKI-an, tapi, "Pasti ada beberapa yang bisa saya sumbangkan atas ditunjuknya saya sebagai Duta TKI," imbuh dia.

Menurut dia, dengan sidak (kunjungan mendadak) dan silaturahmi antara menteri, Duta TKI dan para TKI. "Semakin bisa menambah motivasi untuk meningkatkan kwalitas para TKI, sehingga bisa bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain," katanya.

Menjaga kualitas TKI
Sebagaimana dikatakan Muhaimin, kegiatan yang dia lakukan untuk mengetahui secara langsung, "Bahwa para TKI sudah dilatih secara matang agar bisa bekerja dengan baik," katanya. Untuk itu, imbuh dia, dia meminta tolong kepada Iis dan Cinta untuk menjadi duta dan juru bicara TKI, turut memantau, mengabarkan dan menjaga kualitas TKI yang hendak diberangkatkan di luar negeri.

Muhaimin menambahkan, terdapat empat perispan pokok TKI sebelum diberangkatkan di luar negeri, yaitu pemahaman bahasa (negara yang dituju), adat, hukum, hak dan kewajiban. Lalu mengapa Muhaimin memilih Iis sebagai duta TKI?

"Sewaktu saya undang dia menyanyi di Cianjur. Cara berkomunikasinya bagus, dan dia tahu sekali nasib TKI. Jadi saya pikir dia memang pantas untuk mewakili dan menjadi duta," ujarnya.

Iis pun menyatakan kegembiraannya ditunjuk sebagai Duta TKI, "Oleh karena itu saya akan mencari tahu semua persoalan yang dihadapai para TKI di luar negeri." Salah satunya, sepengetahuan Iis adalah, majikan yang nakal, dituduh mencuri barang majikan, sampai tidak menerima gaji berbulan-bulan. Bahkan praktek percaloan juga mulai dia ketahui jalurnya.

Meski telah menjadi Duta TKI, Iis tidak akan melupakan mata pencaharian utamanya, yaitu "mengamen". Apalagai, menurut dia, cengkok menyanyi dangdut tidak jauh dengan cengkok mengaji Al-Quran, "Jadi sembari ngaji, saya tetep nyanyi dangdut untuk mencari nafkah hi hi hi," tandasnya.

(Benny Benke/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
23 April 2014 | 20:42 wib
Dibaca: 531
image
23 April 2014 | 20:41 wib
Marche du Film-Festival de Cannes 2014
Indonesia Berpartisipasi di Cannes Film Festival 2014
Dibaca: 444
image
23 April 2014 | 20:39 wib
Dibaca: 497
22 April 2014 | 20:21 wib
Dibaca: 591
image
21 April 2014 | 20:56 wib
Dibaca: 693
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER