panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Juli 2012 | 11:29 wib
Ramadan, Slank Sedekahkan "Sedekah"
­
image

Slank dalam rilis album I Slank U

JAKARTA, suaramerdeka.com - Slank bersedekah di bulan Ramadan dengan menginfaqkan lagu religi berjudul "Sedekah" yang diselipkan di antara sejumlah lagu lainnya terangkum di album I Slank U. Lagu yang sepenceritaan Bimbim selaku motor dan pendiri grup band yang bermarkas di Jl Potlot, Jakarta itu, dikemas dalam harmoni ringan yang menurut dia, ditimbang tepat dengan atmosfer bulan suci Ramadan.

Apalagi, imbuh dia, kandungan lirik single itu, selaras dengan makna mendalam ihwal arti penting sedekah bagi manusia. "Bisnis yang besar," katanya, Senin (16/7) petang, diakibatkan karena banyaknya seseorang bersedekah. "Oleh karena itu, sedekah adalah kekuatan terdahsyat." Hal itu diamini oleh Kaka, yang mengatakan, religiusitas semakin meneguhkan bahwa seseorang makin membuat seseorang mendalami agamanya.

Dari mana para awak Slank mendalami agama? Menurut Kaka, "Lingkungan sekitar yang menjadi guru besar kami". Tentu saja dibarengi dengan kemampuan untuk mengendapkan persoalan dan merumuskannya dalam sebuah kebijaksanaan. Bimbim menyontohkan, sebagai penulis lirik Slank dia mengaku terinspirasi pemain bass Slank, Ivan, yang sudah menjalankan ibadah umroh.

Dan dari tanah suci, kompatriotnya yang pernah terjerembab di lubang narkoba itu, acap kali mengiriminya email berisi hadis atau ayat-ayat Alquran yang menginspirasinya.

Bahkan dalam bahasa bercanda, putra Bunda Iffet itu mengatakan, "Beberapa tahun terakhir, Ivan paling suci di antara kita, soalnya suka kirim email soal agama dan hadis." Mendapat candaan "saudara tuanya" Ivan membalas ringan," (Soalnya) waktu itu, Bimbim pernah minta hadis dan ayat-ayat Alquran soal sedekah," ceritanya.

Selanjutnya, dia meneruskan, suatu saat dirinya pernah kehilangan HP, "Tapi tak beberapa kemudian, HP itu kembali ke tangan saya, dan Bimbim berkomentar, berarti sedekah saya bagus."

Dari pengalamannya itulah, single "Sedekah" lahir, dan bertalian erat dengan single lainnya berjudul "Punya Cinta" yang menyindir kegemaran para koruptor yang gemar merampok uang negara.

Bersama dengan rilis album terkininya itu, Slank juga telah merencanakan dengan matang, bakal menggelar "ngabuburit" bareng di Jakarta, Tangerang, dan Bandung, serta tampil di sebuah stasiun TV swasta. Menurut Ridho, seluruh proses penggarapan album I Slank U berlangsung di markas mereka di Jl. Potlot III No 14, Duren Tiga, Jaksel.

Noise tapi nyeni
Selama sepekan, imbuhnya, Kaka (vokal), Bimbim (drum), Ivanka (bas), Abdee (gitar) dan dirinya, memanfaatkan menggunakan halaman parkir, arena bermain anak-anak, taman belakang, pendopo hingga halaman lainnya menjadi studio dadakan.

Oleh karena itu, menurutnya, jangan heran bila dalam lagu baru mereka akan ditemukan latar belakang suara hujan atau air mancur, "Noise tapi nyeni," katanya. Dengan memanfaatkan atmosfir sekitar, menurutnya justru memperkaya warna album Slank kali ini.

"Bayangkan, kita outdoor tanpa kedap suara. Pas take hujan kita tetap ambil (rekaman). Justru atmosfer itu yang memicu (kreativitas). Kita bosen (suasana) yang rapih, (kita) pengin yang busuk," imbuh Kaka.

Hasilnya, sepenilaian mereka, album Slank kali ini, terasa lebih natural. Demi menjangkau pencintanya yang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia, Slank memutuskan melakukan marketing dengan sistem titip jual di jaringan rumah makan cepat saji KFC. Dengan harga ekonomis sebesar Rp 35.000, Kaka berkeyakinan, karya terbaru mereka dapat dijangkau oleh Slankers.

(Benny Benke/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
05 September 2014 | 22:52 wib
Dibaca: 2494
image
05 September 2014 | 22:46 wib
Dibaca: 2406
image
05 September 2014 | 22:43 wib
Dibaca: 2261
image
05 September 2014 | 22:37 wib
Dibaca: 2185
image
05 September 2014 | 22:33 wib
Dibaca: 2223
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER