panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 Juli 2012 | 13:05 wib
Tom Cruise, Katie Holmes, dan Scientology
­
image

LOS ANGELES, suaramerdeka.com - Begitu kabar perceraian antara Tom Cruise dan Katie Holmes merebak ke permukaan, seketika sejumlah tabloid dan media hiburan terkemuka di AS beramai-ramai menunjuk keberadaan gereja Scientology sebagai penyebab utamanya.

Sebagaimana laporan yang ditulis majalah TIME, Rabu (4/7), keretakan hubungan rumah tangga antara pasangan tersohor itu mulai terlihat jelas ketika keduanya menghadiri pesta Vanity Fair Oscar 2012. Dan keretakan itu terbukti, ketika Holmes, yang berinisiatif mengajukan gugatan cerai, dilaporkan sangat bersikukuh mengambil langkah perpisahan itu, demi melindungi anak semata wayang mereka berusia 6 tahun bernama Suri dari indoktrinasi ayahnya sendiri, atas kepercayaan Scientology yang dipeluk teguh Cruise.

Sedangkan laporan yang diturunkan TMZ, Holmes sangat kawatir dan ketakutan sekali, karena Cruise mempunyai rencana akan mengirim Suri bergabung dalam Church of Scientology's Sea Organization (Sea Org). Yang mempunyai fungsi utama menggembleng sedemikian kerasnya para jemaatnya, sehingga diklaim menjadi pribadi-pribadi terpilih. Didiskripsikan jebolan Sea Org, yang mempunyai cara penggemblengan campuran antara cara militer dan manajemen perusahaan modern itu, mampu membuat jemaatnya menjadi pribadi tangguh.

Dilaporkan juga mayoritas keanggotaan Sea Org bersifat jangka panjang, yang mencakup juga keanggotaan sejak usia dini atau anak-anak, yang dikenal dengan istilah children of Scientologists. Anak berusia lima tahun dapat bergabung di kelompok itu, demi mendalami pemahaman keagamaan tanpa didampingi orang tua mereka.

Bahkan semua anggota Sea Org diharuskan membubuhkan jutaan tanda tangan demi sebuah kontrak demi meneguhkan komitmen mereka kepada organisasi mereka. (Laporan lengkap tentang sepak terjang organisasi ini pernah ditulis jurnalis Lawrence Wright di New Yorker pada 2011 lalu). Dalam laporan itu, Wright mengatakan, sangat sulit keluar dari Sea Org sekali seseorang terjun ke dalamnya.

Kembali ke soal Cruise dan Holmes, Scientology bukanlah perkara satu-satunya ihwal keyakinan yang menyebabkan biduk rumah tangga mereka akhirnya kandas. Holmes yang selama ini dikenal mempunyai orang tua yang notabene pemeluk Katolik teguh, dikabarkan juga kerap bersitegang dengan Cruise, teristimewa jika membicarakan tentang masa depan cucu mereka.
 
Demi Suri
Oleh karena itu, saat ini Holmes dilaporkan mencari jalur hukum untuk mendapatkan hak asuh atas Suri demi sekali lagi, mencegahnya dikirim ke Sea Org, yang implikasinya mengharuskannya pindah dari sekolahnya saat ini, di New Village Leadership Academy di California, yang mempunyai ikatan kuat dengan gereja Scientology.

Holmes sendiri mengajukan gugatan cerainya di New York, di mana dipercaya para hakimnya mempunyai ketegasan untuk menujuk kepada siapa hak asuh diberikan, sehingga menghindarkan kebingungan seorang anak pada posisi hukum dihadapan kedua orang tuanya yang tengah berselisih. Cruise sendiri, sementara ini, masih disibukkan oleh upayanya memindahkan proses persidangan ke California, yang dikenal pengadilannya membagi rata hak asuh seorang anak kepada kedua orang tuanya.

TMZ juga melaporkan jika Holmes sangat kuatir jika dirinya terus dibuntuti oleh perwakilan gereja Scientology, termasuk tengarai tamu "misterius" yang mengendarai Cadillac Escalade warna putih dan Mercedes SUV warna hitam yang senantiasa terparkir di dekat apartmennya sekarang.

Dalam surat elektroniknya kepada New York Daily News, Gary Soter, pengacara yang ditunjuk pihak gereja Scientology International, mengatakan, "Tidak benar sama sekali sebagaimana yang diberitakan TMZ.com atau laporan lainnya, yang mengatakan pihak gereja Scientology telah mengirim seseorang untuk membuntuti atau mengamati segala tindak tanduk Katie Holmes."

Apa yang terjadi dengan Holmes, ternyata membuat raja media sekelas Rupert Murdoch --yang selama ini dikenal sangat memusuhi Scientology-- berkicau via Twitter-nya, @rupertmurdoch. "Lihatlah apa yang terjadi dengan Katie Holmes dan Scientology. Sesuatu yang menakutkan, mungkin tak ubahnya horor," tulisnya.

Los Angeles Times juga melaporkan, bahwa langkah perceraian yang ditempuh Katie Holmes semata-mata juga demi membentengi Suri dari Scientology.

Meski sumber yang lain juga mengatakan, proses perceraian itu, akan cenderung lebih membahas masalah uang daripada semata hak asuh Suri. Oleh karena itu, Holmes (33) telah menyewa dua lembaga bantuan hukum ternama yang sohor kerap memenangi perkara perceraian. Yang buntutnya pundi-pundi dolarnya bertambah.

Tercatat Holmes telah menyewa pengacara ternama dari New York bernama Allan E. Mayefsky yang kerap memenangi berbagai perkara perceraian. Cruise sebelumnya telah mempunyai dua mantan istri, yaitu Mimi Rogers dan Nicole Kidman. Dia telah mengadopsi dua anak bersama Kidman. Kekayaan pertahunnya sebagaimana dicatat Forbes sebesar 75 juta dolar AS.

(Benny Benke/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
05 September 2014 | 22:52 wib
Dibaca: 4488
image
05 September 2014 | 22:46 wib
Dibaca: 4298
image
05 September 2014 | 22:43 wib
Dibaca: 4106
image
05 September 2014 | 22:37 wib
Dibaca: 3983
image
05 September 2014 | 22:33 wib
Dibaca: 4029
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER