panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Juni 2012 | 19:12 wib
Ayu Utami Luncurkan Buku "Soegija"
­
image

SEMARANG, Suaramerdeka.com - Ada tiga soal yang kerap muncul dalam karya novel dari Ayu Utami yakni seks, Tuhan dan kegilaan. Bagi pecinta cerita fiksinya, tentu tidak merasa asing dengan tema relijius saat dirinya meluncurkan buku terbarunya Soegjia: 100% Indonesia. Tema spritualitas dan semangat nasionalisme tersirat pada sosok Mgr Albertus Soegijapranata SJ.

Novel berbasis biografi itu merupakan karya yang kedua setelah Cerita Cinta Enrico yang dirilis beberapa bulan lalu. "Ada sebuah keterkaitan hubungan emosional dari sosok Soegija dengan buku biografi ibu saya yang lagi dipersiapkan," ujar Ayu di Gedung Teater Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata, Jumat (8/6).

Setelah akrab dengan karya tulisan dari Romo Banar tentang Soegija, tak banyak waktu yang dihabiskan bagi Ayu untuk menyelesaikan. Beriringan dengan film Soegija karya Garin Nugroho yang telah diputar perdana Kamis (7/6) lalu.

"Saya menulis Soegija hanya 2 minggu, dikerjakan secara teratur dan tidak sampai begadang. Saya bisa menyelesaikan dengan cepat karena terdapat beberapa bagian pengalaman dari kehidupan," papar Ayu.

Bahkan buku Soegija tersebut akhirnya dinikmati ibunya, lantaran tema-tema sebelumnya yang tidak pernah disukai ibunya. "Saya senang lho, buku saya ini akhirnya dibaca oleh Ibu," candanya.

Menurut Rektor Unika, Prof Dr Ir Y Budi Widianarko Msc, selain memiliki pesona historis dengan semangat keIndonesiaan juga terbilang "berbahaya" mengingat adanya muatan fiksi. "Tenunan cerita yang dirajut Ayu Utami juga tak lepas dari fiksi dengan adanya kata-kata 'barangkali', namun ada kisah yang memikat dengan banyaknya pengandaian itu menjadi kesatuan karya yang enak dibaca," ujarnya.

Sementara itu, film Soegija mendapatkan rekor MURI dengan jumlah pemain dan bahasa terbanyak yakni 2775 pemain dalam 6 bahasa. Penyerahan penghargaan turut dihadiri Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih, serta sutradara Garin Nugroho.

(Garna Raditya/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
23 April 2014 | 20:42 wib
Dibaca: 243
image
23 April 2014 | 20:41 wib
Marche du Film-Festival de Cannes 2014
Indonesia Berpartisipasi di Cannes Film Festival 2014
Dibaca: 202
image
23 April 2014 | 20:39 wib
Dibaca: 223
22 April 2014 | 20:21 wib
Dibaca: 527
image
21 April 2014 | 20:56 wib
Dibaca: 616
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER