panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
15 April 2014
Ikmal Jaya Tersangka
  • Dugaan Korupsi Tukar Guling Tanah

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota Tegal periode 2008-2013 Ikmal Jaya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait tukar guling (ruilslag) tanah Pemkot Tegal dengan swasta pada tahun anggaran 2012.

Menurut Kepala Biro Humas KPK Johan Budi, dalam pengembangan penyelidikan, KPK menemukan minimal dua alat bukti yang cukup untuk meningkatkan status kasus tersebut ke pe­nyidikan.

”Penyidik kemudian menetapkan IJ, mantan wali kota Tegal, sebagai tersangka,” kata Johan di kantornya, Senin (14/4).

Dia menjelaskan, Ikmal selaku Wali Kota Tegal merangkap Penasihat Tim Pengarah Pemin­dahtanganan Tanah Milik Pemkot Tegal diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi terkait pelaksanaan tukar guling tanah antara Pemkot Tegal dan CV Tri Daya Pratama.

”Ikmal diduga melakukan pembiaran atas pengalihan tanah yang telah ditetapkan untuk pembangunan kepentingan umum. Akibatnya, negara mengalami kerugian sekurangnya Rp 8 miliar,” ujar Johan.

Taksiran Harga

Dalam kasus ini, Pemerintah Kota Tegal menukar tanahnya di Kelurah­an Keturen, Kraton, dan Pekauman seluas 59.133 meter persegi dengan tanah pihak ketiga yang berlokasi di areal Bokongsemar dengan luas 142.056 meter persegi. Pihak ketiga diduga menaksir harga tanah milik Pemkot Tegal di bawah harga pasaran.

Selain Ikmal, lanjut Johan, Direk­tur CV Tri Daya Pratama Syaeful Jamil juga ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya dijerat Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke satu jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Ketika dimintai tanggapannya, semalam, Ikmal Jaya mengaku belum mengetahui penetapannya sebagai tersangka.

”Sampai saat ini saya belum mendapat surat resmi,” katanya. Ia enggan memberikan keterangan lebih lanjut. (J13,H17-59)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER