panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
21 Februari 2014
Pembatalan Perekrutan Tenaga Harian Lepas Langkah Tepat

REMBANG -Anggota DPRD Rembang, Gatot Paeran mengapresiasi langkah Pemkab memutuskan pembatalan perekrutan tenaga harian lepas (THL) untuk mencukupi kebutuhan pegawai di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

”Hal ini merupakan sebuah langkah tepat guna menghindari persoalan yang lebih besar. Sebab apapun alasannya, perekrutan THL itu menyalahi aturan, sehingga secara hukum tidak bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Dia menambahkan, langkah yang diambil Pemkab cukup tepat, mengingat perekrutan THL itu terkait dengan penggunaan dana APBD, khususnya untuk pemberian upahnya. ”Penggunaan dana APBD itu tidak boleh seenaknya, karena ada aturan mainnya,” jelasnya.

Dia menerangkan, pengambilan tenaga harian lepas memang diperbolehkan, namun sifatnya tidak digaji secara tetap. Mereka hanya diberi upah pada saat dibutuhkan, sama halnya kalau mengundang tukang batu atau tukang perbaikan AC.

Namun, lanjut anggota DPRD itu, THL hasil perekrutan Pemkab hampir mirip dengan pegawai pada umumnya, karena masuk kantor setiap hari dan digaji secara bulanan. Hal seperti inilah yang menyalahi aturan, karena tidak ada landasan hukum.

Puluhan Orang

Gatot Paeran belum bisa memastikan mulai kapan perekrutan THL berlangsung, dan berapa jumlah THL yang sudah dipekerjakan. Dia hanya menjelaskan mencuatnya persoalan ini pada awal 2014, dan sesuai kabar yang berkembang sudah puluhan orang yang direkrut Pemkab menjadi THL.

Dia menyatakan, tidak akan memperpanjang persoalan ini, karena Pemkab sudah punya itikad baik, terbukti telah dilakukan pembatalan perekrutan THL.

Seandainya tidak dibatalkan, bisa jadi pejabat pengambil keputusan berurusan dengan hukum. Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Rembang berlomba melakukan perekrutanTHL. Perekrutan itu dilakukan secara diam-diam, karena tidak pernah diumumkan secara terbuka.

Masyarakat yang mendengar perekrutan THL ini, termasuk sebagian anggota DPRD, umumnya mengaitkan persoalan tersebut dengan permainan. (jl-45)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER