panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
16 Januari 2014
Target Demokrat di Pileg Berat

SEMARANG - Kisruh yang melanda internal Partai Demokrat berdampak besar pada perolehan suara pada Pileg, 9 April nanti. Perolehan 16 kursi di DPRD Jateng pada Pileg 2009 akan sulit tercapai.

Dosen FISIP Undip, Priyatno Harsasto menyatakan, persoalan yang menimpa partai di level nasional dan lokal Jateng ini sangat merugikan citra Demokrat. Adanya perpecahan internal partai di Jateng, konsekuensi logisnya perolehan suara dalam pileg akan turun tajam. Apalagi, melihat situasi nasional atas kasus korupsi yang melibatkan kader Demokrat.

”Saya pikir sulit mempertahankan perolehan 16 kursi di DPRD Jateng, separuhnya saja akan sulit. Hasil survei sendiri juga menunjukkan Demokrat suaranya turun pada pileg mendatang,” katanya, Rabu (15/1). Sebagaimana diberitakan sebelumnya, perpecahan internal itu mengemuka setelah adanya pemecatan empat pimpinan partai yang juga calon anggota legislatif (caleg) di tingkat kabupaten/ kota.

Mereka yang dipecat ialah Ketua DPC Demokrat Kabupaten Purbalingga Muhammad Ikhsan Rakmatulloh, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Batang Mochamad Rochim, Ketua DPC Kabupaten Semarang Wibowo Agung Sanyoto, dan Ketua DPC Demokrat Kota Salatiga Iwan Setyo Purbowo.

Penghancuran Partai

Bahkan, pengurus 17 PAC dan DPC Demokrat Kabupaten Semarang menyegel kantor sekretariat DPC di Bawen, Selasa (14/1). Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes atas pemberhentian Wibowo Agung Sanyoto. Menurut Priyatno, dinamika internal Demokrat di daerah itu seperti bentuk penghancuran diri terhadap partai.

”Ini jelas akan merusak Demokrat yang sedang menatap pileg. Semestinya mereka memperkuat konsolidasi untuk menghadapi pemilu,” jelasnya. Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Jateng Sukawi Sutarip mengajak kadernya untuk melaksanakan keputusan DPP.

Sebab, pemecatan empat ketua DPC itu merupakan kewenangan dari DPP. Ia pun optimistis adanya persoalan internal ini tidak akan menjadikan perolehan dalam pileg turun. ”Kami harap tidak begitu (suara pileg turunred), yang kami harapkan justru akan meningkat,” jelasnya. (J17,H68-90)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER