panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
12 Desember 2013
Rumah Akil di Kebumen Disita
image

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyita aset milik tersangka mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar terkait dugaan tindak pidana suap dalam penanganan sengketa pilkada di MK dan pencucian uang.  Kali ini KPK menyita aset yang diduga terkait dengan mantan politikus Partai Golkar itu di Kebu- men. ”Perlu disampaikan ada penyitaan baru, sebuah rumah dan tanah di Desa Karang Duwur, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah,” kata Kepala Biro Humas KPK Johan Budi Sapto Prabowo di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/12). Dia menjelaskan, penyitaan dilakukan karena diduga aset tersebut terkait dengan pencucian uang. ”Atas tersangka AM,” katanya. 

Selain menyita rumah dan ta- nah di Kebumen, penyidik juga menyita rumah atas nama Akil Mochtar dan Ratu Rita Akil. Ru- mah tersebut disita KPK sejak Selasa (10/12). ”Ada juga penyi- taan rumah di Kompleks Pan- coran Indah III Nomor 8. Kema- rin dipasang plang sita,”katanya. Sebelumnya, KPK juga telah menyita sedikitnya 30 mobil. KPK juga menyita aset berupa rumah, tanah, dan mobil yang diduga terkait tindak pidana korpsi dan TPPU yang menjerat Akil. Rumah yang disita adalah rumah dan bangunan di Jl Karya Baru No.20 Pontianak merupa- kan rumah milik Akil, dan satu bidang kebun mahoni seluas 6.000 m2 di desa Cimuleuk, Waluran, Sukabumi.  Seperti diketahui, berdasar- kan Laporan Harta Kekayaan Pe- nyelenggara Negara (LHKPN) yang tercatat di KPK, jumlah harta Akil seluruhnya mencapai Rp 5,1 miliar. Sementara terkait penyidik- an perkara korupsi, KPK telah menyita tiga mobil mewah dari kediaman Akil. Yakni mobil Mercy S 350, mobil Toyota Crown, dan mobil Audi Q5. Un- tuk kepemilikan mobil Mercy, Akil mengatasnamakan supir pribadinya yang bernama Dar- yono. KPK juga menyita surat berharga dari kediaman pribadi Akil di Pancoran, Jakarta Sela- tan.

Nilai surat berharga tersebut ditaksir mencapai Rp2 miliar. KPK juga telah membeku- kan beberapa rekening terkait Akil senilai Rp 109 miliar. Rekening tersebut diantaranya atas nama CVRatu Samagat. Istri Akil, Ratu Rita diketahui menjabat sebagai komisaris pa- da perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa tersebut. Perusahaan ini dicuri- gai menampung uang hasil pe- nerimaan suap Akil. Namun, hal ini dibantah oleh Akil. Menurut Ketua MK nonaktif itu, keun- tungan perusahaan didapat dari hasil usaha yang dia jalankan. KPK pun telah mengajukan surat pencegahan ke luar negeri kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM terhadap Ratu Rita Akil dan Daryono, sopir pribadi Akil Mochtar. Hebohkan Warga Sementara itu di Kebumen, penyitaan sebuah rumah di Dusun Kenyaen RT01 RW02 Desa Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kebumen oleh penyidik KPK, Rabu (11/12), menghebohkan warga sekitar.

Warga mengaku tidak habis pikir rumah yang berada di ping- gir Jalan Petanahan-Puring itu terkait perkara tindak pidana pencucian uang dengan tersang- ka  Akil Mochtar. Menurut Solehudin (61) warga yang tinggal bersebelahan, penyidik KPK berjumlah sekitar tujuh orang mengenakan rompi melakukan pemasangan papan sita sekitar pukul 14.30. Dalam melakukan penyitaan para penyidik yang menumpang mobil Innova warna silver dan hitam itu didampingi oleh pegawai dari Perusahaan Daerah (PD) BPR Bank Kebumen. ”Secara keseluruhan ada em- pat mobil yang datang,” imbuh Anto Dirga Saputra (39) warga yang mengontrak rumah terse- but kepada Suara Merdeka, semalam. Menurut Anto, rumah yang oleh warga sekitar diketahui milik Eko Supriyono tersebut, sejak tiga bulan lalu dikontrak dia bersama istrinya Setyarini Catur Rahayu (44). Sehari-hari rumah tersebut dipakai untuk usaha bengkel dan cucian mobil.

Adapun Setyarini Catur Rahayu mengaku sebagai peng- acara keluarga Eko Supriyono menambahkan, sebenarnya rumah itu merupakan milik orang tua Eko Supriyono yakni Sukarno-Sukarti. Karena dijadikan agunan dan diduga peminjaman bermasalah, rumah di atas tanah seluas 800 m2 itu dilelang oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto pada 1 November 2013. ”Informasinya, rumah ini dibeli oleh warga Bekasi,” imbuh Setyarini mengaku tidak mengetahui kaitan lelang rumah tersebut dengan kasus perkara tindak pidana pencucian uang dengan tersangka Akil Mochtar. Kepala Desa Karangduwur, Ahmad Zaenuri mengaku da- lam proses penyitaan tidak meli- batkan pemerintah desa. Pihak- nya juga tidak mendapatkan pemberitahuan sebelumnya jika akan ada penyitaan oleh KPK. ”Memang tanah itu pernah dijadikan agunan untuk pinjam di bank. Tapi berapa jumlahnya saya tidak tahu persis,” ujar Ahmad Zaenuri yang merupa- kan adik dari Eko Supriyono. (J13,J19,B3-80)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER