panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
14 November 2013
Pilkades Tlogotunggal Diulang
  • Ada Penggelembungan Suara

REMBANG - Pemilihan kepala desa (Pilkades) Tlogotunggal Kecamatan Sumber yang digelar Selasa (12/11) lalu dihentikan.

Pasalnya, pilkades itu diduga diwarnai dengan kecurangan pengelembungan suara. Pilkades yang diikuti dua calon Sumarno (padi) dan Winarto (ketela) itu, akhirnya direncanakan untuk diulang.

Dugaan kecurangan itu terung­kap ketika salah satu pendukung calon kades Sumarno meminta panitia terlebih dahulu menghitung jumlah surat suara sebelum dibacakan perolehan suara. Saat itu, panitia sudah membacakan 93 lembar surat suara tanpa terlebih dahulu menghitung jumlah surat suara dari empat kotak pilkades. Panitia kemudian menghentikan penghitungan. Semua surat suara di empat kotak dikeluarkan dan dihitung.

Dari penghitungan surat yang disaksikan masyarakat, jumlah surat suara mencapai 2.438 lembar. Padahal warga yang hadir dan memberikan suara hanya 2.411 orang dari 2.561 warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap. Jadi ada selisih antara surat suara de­ngan warga yang datang ke tempat pemungutan suara sebanyak 27 lembar. Rukin, juru bicara calon kades Sumarno menegaskan, panitia harus bertanggung jawab atas dugaan kecurangan ini. ''Panitia kami anggap tidak netral. Kami menuntut panitia diganti. Mereka juga harus mengembalikan biaya pencalonan,'' tegas dia.

Akibat dugaan kecurangan itu, situasi di tempat pencoblosan di lapangan Desa Tlogotunggal yang dipenuhi ratusan warga memanas. Aparat Polres dan Brimob harus bekerja keras untuk meredam emo­si warga. Setelah dilakukan negosiasi, akhirnya disepakati pelaksanaan pilkades ulang yang difasilitasi muspika. Surat suara pilkades kemudian dibakar disaksikan Ka­polres Rembang AKBP Mu­hammad Kurniawan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ham­zah Fathoni SH MKn mengatakan masih menanti laporan dari Kecamatan Sumber atas hasil Pilkades Tlogotunggal. ''Kami masih terus melakukan pemantauan pilkades di wilayah tengah. Hingga hari ini (kemarin-red) kami belum menerima laporan hasil Pilkades Tlogotunggal,'' kata dia.

Calon Menghilang

Suasana panas juga terjadi di Desa Sumurtawang Kecamatan Kragan. Desa yang akan menggelar Pilkades Kamis pagi ini kemarin diwarnai dengan menghilangnya Nasikin salah satu calon saat pengundian tanda gambar. Nasikin menghilang dan tidak mengikuti pengundian tanda gambar diduga karena protes atas politik uang yang dilancarkan lawannya. Panitia maupun muspika sempat mencari Nasikin ke rumah dan sejumlah tempat. Namun yang bersangkutan sampai berita ini diturunkan belum bisa diketahui keberadaannya. Camat Kragan Mashadi mengaku masih menanti keputusan Pemkab terkait Pilkades Sumurtawang.

 Di Desa Gedongmulyo Lasem, pilkades yang diikuti enam calon --terbanyak di Kabupaten Rembang-- berlangsung meriah. Imam Abadi, Ketua Panitia Pilkades Gedong­mulyo mengaku tingkat partisipasi warga dalam Pilkades Gedong­mulyo kemarin tercatat mencapai lebih dari 80 persen.  (H19-32,88)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER