panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
12 November 2013
GEMA DPRD
Pelantikan Ketua DPRD Digelar Sederhana

SEMARANG - Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kota Semarang, Wiwin Subiyono akhirnya dilantik menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Senin (11/11). Berbeda dari pelantikan wali kota beberapa waktu lalu, pelantikan Wiwin Subiyono berlangsung sangat sederhana. Tak banyak tamu yang diundang.

Bahkan hidangan yang disediakan panitia untuk menyambut tamu juga tak mewah. Menurut informasi dari sekertariatan DPRD, anggaran pelantikan hanya sekitar Rp 70 juta. Sejak awal Wiwin memang ingin dilantik dengan cara sederhana. Tanpa ada pesta rakyat atau perayaan lain. “Sederhana saja, yang penting syah,” katanya, baru-baru ini.

Prosesi pengangkatan Wiwin sebagai ketua DPRD berdasar keputusan Gubernur nomor 117/107/2013. Wiwin resmi menjadi ketua DPRD menggantikan ketua sebelumnya Rudi Nur Rahmat yang loncat ke Partai Gerindra. “Wiwin menggantikan Rudi Nur Rahmad, ketua lama yang secara otomatis dipecat karena menyeberang ke partai lain,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Semarang, Danur Rispriyanto usai pelantikan.

Lebih Maksimal

Menurut Danur, pelantikan itu sekaligus pemindahan kuasa ketua DPRD lama ke ketua DPRD baru sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2009 tentang tata tertib anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Danur tak mempersoalkan meski saat pelantikan hanya diikuti oleh sedikit anggota Dewan yang masuk di ruang paripurna. “Pelantikan tak perlu kuorum beda pengambilan kebijakan,” kata Danur menjelaskan.

Ditemui terpisah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap dengan ditetapkannya Wiwin Subiyono sebagai Ketua DPRD Kota Semarang, bisa menciptakan hubungan yang lebih baik antara eksekutif dan legislatif. Jalannya pemerintahan pun diharapkan bisa lebih maksimal, sehingga dapat membawa Kota Semarang lebih maju. “Terutama koordinasi antara eksekutif dan legislatif semakin harmonis, sehingga pembahasan anggaran pun berjalan lancar dan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik,” katanya. (H71,H35-75)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER