panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Solo Metro
07 November 2013
Solo Ajukan Rencana Bangun GOR
  • Target Jadi Venue PON 2020

SOLO - Gelaran PON 2020 masih tujuh tahun lagi. Namun Kota Solo sudah mengincar salah satu venue pesta olahraga multievent nasional untuk 2020 itu. Tak tanggung-tanggung, Kota Bengawan siap melengkapi sejumlah infrakstruktur olahraga yang sudah ada saat ini.

”Jateng resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah dan kami siap menyokong salah satu venue,” jelas Wali Kota Surakarta FX Hadi ”Rudy” Rudyatmo, kemarin. Venue yang menjadi incaran Pemkot yakni GOR serbaguna yang di dalamnya memuat lapangan basket, voli indoor, dan bulu tangkis. Lokasi sudah dipilih, yakni di sekitar velodrome Stadion Manahan.

Rudy tak main-main atas rencana ini. Buktinya, dia langsung mendatangi Kemenpora sembari membawa proposal pembangunan GOR tersebut. Hasilnya tak bertepuk sebelah tangan, sebab Menpora Roy Suryo langsung datang ke Solo untuk mengecek langsung calon lokasi, beberapa waktu lalu.

Bahkan, Menpora meminta Pemkot segera menyerahkan proposal tersebut untuk nantinya dibawa ke DPR untuk dibahas. ”Voli bisa dua lapangan, basket juga bisa dua. Pokoknya serba guna. Ketika venue sudah tersedia jauhjauh hari, itu akan menjadi nilai plus saat penilaian calon tuan rumah,” tutur Rudy.

Usaha Keras

Pria berkumis tebal ini mengaku akan berusaha keras menggolkan rencana pembangunan GOR itu. ”Kami mengajukan ini agar Jateng ditunjuk menjadi tuan rumah PON 2020.

Jangan sampai menunggu lama lagi, karena kalau begitu Jateng baru bisa 76 tahun lagi menjadi tuan rumah PON,” ungkapnya. Ketua Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Surakarta, Agus Djoko Witiarso membenarkan rencana pembangunan GOR itu. Tak tanggung-tanggung, dalam sket gambar yang sudah ada, gedung itu akan berkapasitas 4.000-5.000 penonton. ”Lapangan utamanya yakni basket indoor tapi bisa multifungsi.

Ini untuk melengkapi fasilitas olahraga di Stadion Manahan, sehingga akan menambah fasilitas bertaraf internasional,” sambung Agus. Pemkot juga akan memaksimalkan penggunaaan Gelora Pemuda Manahan dengan penambahan lapangan voli disekitarnya. (K15-26)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER