panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
09 Oktober 2013
SURAT PEMBACA
Sumbangan Generasi Muda

Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang merdeka dengan pejuang-pejuang yang tangguh dan pantang menyerah dalam mengusir penjajah sampai titik darah terakhir. Namun di era sekarang ini sangat minim pemahaman generasi muda terhadap jejak perjuangan para pahlawan. Hal ini harus kita sadari. Justru yang ada di era sekarang ini adalah kehidupan yang mengarah pada egoisme kelompok, kesukuan, kedaerahan yang justru bisa menjadi pemicu utama terjadinya perpecahan bangsa.

Generasi muda adalah salah satu aset bangsa pada masa mendatang, kerena itu harus mampu menempatkan remaja-remaja menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang. Tentu saja harus ada upaya-upaya untuk menanamkan sebuah ciri khas budaya bangsa ini untuk membedakan dengan orang dari negeri lain.

Selain itu adanya budaya lokal yang melekat pada diri pemuda-pemuda Indonesia akan mampu memperkuat jati diri dan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia. Namun yang ada saat ini justru budaya sendiri dilupakan, malah memilih budaya dari luar yang sebenarnya tidak pantas diterapkan di Indonesia dan cenderung melupakan nilai luhur kebudayaan bangsa kita sendiri.

Saat ini hampir semua sekolah setingkat SMA punya program ekstrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan para generasi muda kepada bangsa ini, dan rata-rata pembina dan pelatihnya anggota TNI dari Kodim dan Koramil setempat. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar para siswa dapat menambah wawasan ke­bang­saan dan memupuk jiwa nasionalisme.

Selain diajari baris berbaris mereka juga diberi pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, nasionalisme, sejarah, dan lain-lain. Melalui ekstrakurikuler tersebut siswa diharapkan mampu menjadi pemimpin dan tauladan serta dapat berorganisasi secara baik karena kedisiplinannya. Melalui ekstrakurikuler ini siswa belajar untuk bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa ini.

Mari kita mengajak generasi muda kita agar senantiasa menjunjung tinggi jiwa nasionalisme, karena perhatian, pemikiran, dan kepedulian mereka sangat kita butuhkan untuk membangun bangsa ini lebih maju.

Kehidupan yang lebih baik dan bersahabat, yang peduli terhadap perkembangan bangsa ini. Mari kita buktikan bahwa pemuda sebagai fungsi kontrol masih tetap hidup di tengah carut marutnya masalah  kehidupan berbangsa dan bernegara di sekitar kita.

 
Sigit Kristanto
Jl Candi Pawon Selatan XIII
RT 04/01 Kalipancur
Ngaliyan, Semarang

 

 

Tanggapan Bank Jateng  atas  Surat Terbuka
 

SEHUBUNGAN dengan surat Ibu Siti Fatimah RT 1 RW 8 Kalirejo, Selomerto, Wonosobo, yang disampaikan melalui surat pembaca harian ini pada tanggal 30 Sep­tember 2013 berjudul “Surat Terbuka untuk Bank Jateng Wonosobo”, perkenankan kami menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank Jateng Cabang Wonosobo.

Sebagaimana telah disampaikan petugas kami pada tanggal 30 September  2013 dan 2 Oktober 2013 bahwa dalam penyam­paian/pemberian informasi data nasabah dan simpanannya kami dibatasi oleh ketentuan kerahasiaan bank, sesuai dengan Pasal 47A Undang-Undang Nomor 10 Ta­hun 1998 tentang Perbankan. Demiki­anlah penjelasan kami dan mohon maaf bila Ibu Siti Fatimah kurang berkenan atas penyampaian atau penjelasan kami.

 
Bank Jateng Cabang Wonosobo
Kepala Cabang,
Rizeni Arifin


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER