panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
07 Oktober 2013
Sertifikasi Pelaut Dunia Harus Penuhi Tiga Syarat

SEMARANG - Pelaut-pelaut Indonesia telah diakui oleh semua pasar tenaga pelaut dunia.

Meski demikian, untuk mendapat pengakuan tersebut para pelaut harus memiliki sertifikat yang sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Semarang Capt Carolus G Sengadji MM pada upacara pelepasan perwira pelayaran niaga Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, kemarin.

Dia mengatakan, setiap lembaga diklat kepelautan mutlak melaksanakan dan menerapkan konvensi internasional STCW 1978 Amandemen 1995 serta Amandemen Manila 2010.

Upaya itu agar dapat menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan dan merebut pasar global.

’’Di samping itu, validitas sertifikat pelaut yang dikeluarkan juga harus memenuhi tiga syarat pokok. Antara lain dikeluarkan oleh institusi yang diakui oleh issued by recognized institution (IMO). Lalu, berdasarkan peraturan perundangan yang sesuai (based on appropriate rule or regulation) dan pemegang sertifikat harus mampu melaksanakan tugas sebagaimana tertulis pada sertifikatnya (able to perform duties as prescribed at the certificate),’’ urainya.

Untuk kriteria pertama dan kedua, lanjut dia, mungkin cukup mudah untuk dipenuhi. Namun untuk kriteria ketiga adalah tantangan dan tanggung jawab bagi para lulusan membuktikan dan mengaktualisasi secara nyata bahwa Indonesia memang benar-benar diakui oleh forum negara-negara maritim sedunia.

Konvensi Internasional

Dalam rangka untuk mengimplementasikan konvensi internasional dan memperoleh pengakuan dunia, pemerintah melalui Badan Pengembangan SDM Perhubungan selama ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai negara maju.

Antara lain Jepang, Belanda, Amerika Serikat, Jerman, Rusia, dan Kanada.

Kerja sama itu untuk memodernisasi sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas SDM di berbagai lembaga diklat pelayaran.

Sementara itu, Ketua Program Diklat Pelaut PIP Semarang Agus Hendro Waskito MM melaporkan, Bon Voyage Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Kepelautan Angkatan XXV PIP Semarang tahun akademik 2012/2013 meluluskan 401 orang.

Lulusan terdiri atas 189 orang dari prodi Nautika dengan perincian 71 orang Nautika Tingkat II, 42 orang Nautika Tingkat III, 76 orang Nautika Tingkat IV.

’’Sisanya, 212 orang dari Program Studi Teknika dengan perincian 91 orang Teknika Tingkat II, 55 orang Teknika Tingkat III serta 66 orang Teknika Tingkat IV,’’ tandasnya. (K3-75)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER