panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
04 Oktober 2013
Pekan Batik Internasional 2013
Koleksi Sembilan Negara Dipamerkan

PEKALONGAN - Pekan Batik Internasional (PBI) 2013 yang dipusatkan di kawasan budaya Jetayu Kota Pekalongan, berlangsung spektakuler. Setelah dibuka Dirjen Ekonomi Kreatif Prof Dr Ahmad Syah, malam harinya hingga kemarin langsung dipadati pengunjung, baik dari dalam/luar Kota Pekalongan maupun para turis manca.

Aneka motif batik dipamerkan, termasuk batik dari sembilan negara, dan batik lokal di Indonesia. Batik sembilan negara yang dipamerkan adalah dari Jepang, Belanda, India, Korea Selatan, Malaysia, Hongkong, Swedia, Spanyol, dan Indonesia.

Stan batik sembilan negara yang berada di pintu masuk ruang pamer GOR Jetayu, menjadi magnet tersendiri bagi tiap pengunjung. Seperti halnya batik asal Belanda, dimana kain katun warna biru yang dipenuhi payetan bunga. Kaum hawa yang melihatnya, nampak terkesima. Kendati, dalam kain tersebut tidak banyak sentuhan batik.

Sementara, batik Jepang dan Korea Selatan, desainnya lebih mirip pakain Kimono. Adapun untuk batik Indonesia, di samping batik Pekalongan, dipamerkan batik Madura, batik Kalimantan, batik Semarangan, dan lain sebagainya. Kemarin sejumlah siswa mengunjungi stan demi stan.

Tak hanya belajar dan mengetahui budaya batik, mereka pun harus menulis hasil kunjungannya tersebut sebagai tugas dari sekolahnya. “Di pameran ini, saya bisa belajar banyak tentang batik. Baik batik Pekalongan itu sendiri, maupun batik dari belahan dunia lainnya,” tutur Lukman Firdaus, siswa SD Bendan 1, ketika berkunjung ke PBI bersama puluhan siswa satu sekolahnya, Kamis (3/10).

Ia datang ke PBI untuk melihat secara dekat mahakarya batik. Sementara, Muna, perwakilan dari Event Organizer Multi Dharma Persada (MDP) Jakarta, selaku panitia pelaksana menyatakan, berbagai koleksi batik dari belahan dunia sengaja dipamerkan untuk memberi khasanah budaya batik antarnegara.

Selain dipamerkan, batik dari berbagai negara itu, juga bisa dimiliki. “Untuk batik Swedia misalnya, dijual Rp 39 juta,” tandasnya. PBI berlangsung, 2-6 Oktober 2013. (H63-48,47)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER