panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
26 Juli 2013
Tol Ungaran-Bawen Berbahaya
  • Izin Belum Turun

UNGARAN - Kondisi jalan tol Ungaran-Bawen dinilai membahayakan oleh Komisi C DPRD Kabupaten Semarang. Hal itu diketahui setelah dewan melakukan kunjungan ke lokasi proyek yang berada di Derekan, Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (25/7).

”Saat ini masih banyak sisa pekerjaan yang belum selesai dan menurut kami akan berbahaya bila dipaksakan. Harusnya pemerintah jangan malu mengatakan kepada masyarakat tentang kondisi riil yang ada,” kata Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Mas’ud Ridwan. Pihaknya mengaku pesimistis bila tol Ungaran-Bawen dikatakan layak untuk mudik Lebaran 2013.

Pasalnya, hingga sekarang masih ada galian yang belum selesai dikerjakan sehingga proses perkerasan jalan yang menggunakan beton atau rigid pavement belum bisa dilakukan. Bila tetap dipaksakan dilalui pemudik, menurutnya akan mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan pengguna jalan.

Terlepas dari itu, percepatan pembangunan yang dilakukan oleh pihak kontraktor juga perlu dikaji mutu serta kelayakannya. ”Akan lebih baik dan tepat bila rencana penggunaan tol Ungaran- Bawen pada mudik Lebaran 2013 dievaluasi kembali, mengingat ini semua demi kenyamanan dan keamanan masyarakat banyak,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Ari Nugroho menyatakan sebaliknya, seluruh pekerjaan rigid pavement yang dikerjakan sejumlah kontraktor menurutnya sudah selesai. Berdasarkan jadwal, mulai akhir pekan ini seluruh ruas tol Ungaran- Bawen sudah bebas dari jalur dan tempat pemberhentian sepeda motor serta armada yang digunakan pekerja proyek.

Dapat Izin Pihaknya, kemarin melakukan pengecekan akhir dengan cara menelusuri seluruh ruas jalan tol Ungaran-Solo. Hasilnya, diharapkan diberikan izin penggunaan ruas tol Semarang-Bawen dari pemerintah. ”Sampai saat ini, kami belum mendapat surat berisi izin penggunaan jalan tol Semarang-Bawen dari Kementerian PU. Hari ini tim BPJT turun ke lapangan untuk memastikan kesiapan jalan tol, kami berharap paling lambat Senin (29/7) depan izin dari kementerian sudah turun,” kata Ari Nugroho (H86-80)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER