panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
22 Juli 2013
UTP Surakarta Buka Program Studi PGSD

SOLO - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta membuka Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang strata satu (S-1). Pembukaan prodi ini dilatarbelakangi masih tingginya permintaan tenaga pengajar untuk sekolah dasar secara nasional. Rektor UTP Prof Dr Ir Ongko Cahyono MSc mengemukakan, prodi tersebut resmi dibuka setelah Surat Keputusan (SK) Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) No 236/E/0/2013 tentang Izin Penyelenggaraan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) turun. ””Sebenarnya ada dua prodi yang kami ajukan, yakni Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan (POK). Namun baru Prodi PGSD yang sudah turun SK-nya dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik ini,” kata Ongko.

Menurutnya, kebutuhan guru SD di Jawa Tengah masih tinggi, sedangkan perguruan tinggi yang memiliki prodi tersebut masih sedikit sehingga lulusan yang dihasilkan tiap tahunnya belum memenuhi kebutuhan. Pendaftaran Prodi PGSD sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu melalui sistem offline. Adapun sistem pembelajarannya menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Dengan kurikulum tersebut, mahasiswa dituntut aktif selama proses perkuliahan. Dengan model perkuliahan semacam ini, proses pembelajaran diarahkan agar peserta didik pada akhirnya mampu melaksanakan, menganalisis, dan menginterpretasi hasil-hasil penelitian baik penelitian tindakan kelas (PTK) maupun penelitian tindakan sekolah (PTS), serta mampu mengaplikasikan hasil penelitian untuk memperbaiki cara pembelajaran yang baik dan benar. ””Konsentrasi PGSD UTP menitikberatkan pada pendidikan budi pekerti (unggah-ungguh) dan pendidikan berwawasan budaya daerah (bahasa daerah/Jawa, seni tari daerah, seni musik/ karawitan, dan seni rupa/batik) yang saat ini langka,”” katanya.

Dia menambahkan, Prodi PGSD juga telah memiliki enam dosen tetap berkualifikasi magister (S-2). Kendati baru, Prodi PGSD telah menyandang status akreditasi cukup (C) dan akan terus ditingkatkan. (G18-60)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER