panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
20 Juli 2013
Dua Jaksa Kena Sanksi
  • Langgar Etika Profesi

SEMARANG - Dua jaksa di wilayah kerja Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dijatuhi sanksi lantaran melanggar etika profesi. Seorang di antaranya dijatuhi sanksi sedang berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama setahun, sedangkan jaksa lainnya dibebaskan dari jabatan struktural.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng Arnold BM Angkow, kedua jaksa tersebut melakukan pelanggaran saat bertugas di Kejaksaan Negeri Purwodadi dan Kejaksaan Negeri Sukoharjo.

"Salah satunya saat ini bertugas di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Tapi saat melakukan pelanggaran bertugas di Sukoharjo," katanya, kemarin.
Selain kedua jaksa itu, seorang pegawai tata usaha Kejati juga dijatuhi sanksi berat berupa pembebasan dari jabatan stuktural. Angkow tidak bersedia menyebutkan nama lengkap ketiga orang itu.

40 Laporan

Berdasarkan laporan pengaduan yang masuk sejak Januari hingga Juni 2013, ketiganya berinisial Y, SMK, dan TR.
Selama rentang waktu tersebut, terdapat 40 laporan dan pengaduan dari masyarakat dan Kejaksaan Agung.

Dari 40 laporan itu, 34 di antaranya telah diselesaikan dengan melakukan klarifikasi dan pemeriksaan. Enam lainnya masih dalam proses pemeriksaan. "Bila terbukti, mereka akan dijatuhi sanksi," kata Angkow.
Untuk menekan tingkat pelanggaran, Kejati terus membina jajarannya. Jumlah pegawai kejaksaan se-Jawa Tengah 1.632 orang, terdiri atas 647 jaksa dan 975 pegawai tata usaha.

Pegawai yang bertugas di kantor Kejati 228 orang, terdiri atas 109 jaksa dan 119 orang di bagian tata usaha. Sisanya 1.404 orang terdiri atas 538 jaksa dan 119 pegawai tata usaha bertugas di kantor kejaksaan negeri kabupaten/kota. (H89-59)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER