panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
17 Juli 2013
Panwaslu Butuh Tenaga PPL

SIDOMUKTI - Panitia Pengawas Pemilu (Pansawlu) Salatiga kekurangan tenaga lapangan untuk mengawasi daftar pemilih Sementara (DPS) yang sudah diumumkan KPU di setiap kelurahan. Idealnya setiap kelurahan ada minimal satu Petugas Pegawas Lapangan (PPL) agar fungsi pengawasan bisa berjalan optimal.

Hal itu disampaikan ketua Panwaslu Salatiga Mashuri AK, di selasela pengawasan DPS di rumah-rumah warga kemarin. Menurutnya, selepas Pilgub Jateng beberapa waktu lalu, masa tugas PPL berakhir.

Sedangkan saat ini belum ada pembentukan PPL baru menghadapi Pemilu legislatif dan Pilpres 2014. “Tugas Panwaslu sekarang sudah mulai padat dengan mengawasi DPS. Terus terang kami kuwalahan untuk menjangkau seluruh kelurahan tanpa adanya PPL. Tugas ini akan semakin berat menjwlang pelaksanan Pilpres dan Pileg nanti,” katanya. Mashuri berharap kepada Bawaslu Jateng untuk memikirkan dibentuknya PPL ini.

Jika tidak, tugastugas Panwaslu akan keteteran mengingat petugas di tingkat kecamatan (Panwascam) hanya terdiri atas tiga orang di masing-masing kecamatan. Padahal mereka harus menjangkau di seluruh kelurahan yang ada. Dijelaskan, pasca diumumkannya DPS, tugas Panwaslu sekarang adalah melakukan supervisi dan inspeksi pelaksanaan pengawasan DPS.

Pihaknya berharap masyarakat bisa mencermati DPS dan jika terdapat kejanggalan bisa melapor ke Panwas atau KPU setempat. Sementara itu salah seorang warga yang juga mantan Ketua KPU Salatiga Tamam Qaulani masih belum terdaftar di DPS. Yang bersangkutan pindah rumah sejak sebulan belakangan ini. “Dalam Pilgub lalu saya juga belum didaftar. Saat in pun saya masih belum terdaftar di DPS. Saya berharap KPU bisa menindaklanjuti ini,” katanya. (H32-87)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER