panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
10 Juli 2013
Mahasiswa Baru Wajib Unduh SK Rektor

SEMARANG - Mahasiswa yang sudah diterima di Undip lewat jalur SBMPTN diminta mengunduh SK Rektor No 435/SK/UN7/2013 tentang Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan SK No 436/SK/UN7/2013 tentang Mekanisme serta Sanksi yang Diberlakukan di website milik universitas.

Menurut Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso SSos MSi, langkah itu diambil supaya mahasiswa memahami tata cara registrasi online dan mengetahui prinsip-prinsip dalam UKT. ”Ini sekaligus meminimalkan kesalahan dalam pelaksanaan registrasi. Mahasiswa sepenuhnya juga akan memahami apa itu UKT sehingga dalam pengisian tidak salah,” ujarnya.

Registrasi online merupakan website aplikasi untuk mendukung registrasi mahasiswa baru yang terdiri atas jalur masuk PSSB D-3, SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri (UM), dan kemitraan. Registrasi berisi proses mengisikan data pribadi, data sekolah, data orang tua/wali, dan data prestasi. Pemakai diharuskan bisa memasukkan kata sandi dengan nomor peserta dan tanggal lahir.

Empat Tahap

Menurut dosen Komunikasi FISIP Undip tersebut, proses pengisian data terdiri atas empat tahap. Apabila semua data telah selesai diisikan, pengakses akan memiliki halaman pribadi untuk proses registrasi. Selanjutnya pengakses diwajibkan mencetak formulir registrasi pada menu Print Out Formulir.

”Perlu diperhatikan untuk pemilihan kelompok UKT, pada laman registrasi online ada dua pilihan, yakni pilihan untuk masuk kelompok V atau kelompok lain. Mahasiswa dari keluarga mampu dapat memilih golongan V, sedangkan yang tidak mampu dipersilakan memilih kelompok lainnya sesuai dengan kemampuan, yakni kelompok I-IV sesuai dengan verifikasi yang dilakukan,” jelas Agus.

Agus juga meminta calon mahasiswa untuk mengirimkan data-data seperti surat keterangan dari orang tua atau wali dengan memerinci penghasilan. Selain itu, slip gaji orang tua (ayah dan ibu atau wali) yang bekerja di sektor formal,  rekening listrik rumah tempat tinggal orang tua/wali tiga bulan terakhir, rekening telepon rumah tiga bulan terakhir. Surat pernyataan dari tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi keluarga mahasiswa dan kebenaran data. Selain itu, juga fotokopi SPT orang pribadi tahun 2011 dan 2012.

Dia menambahkan, tahun ini, Undip menerima 2.621 mahasiswa baru melalui SBMPTN. Mereka terbagi atas FKM 141 mahaiswa, FK 181 mahaiswa, FSM 242 mahaiswa, FPIK 181 mahaiswa, FT 654 mahaiswa, FPP 143 mahaiswa, FIB 268 mahaiswa, FH 273 mahaiswa, FEB 248 mahaiswa, FISIP 227 mahaiswa, dan Fakultas Psikologi 63 mahasiswa. (H41-60)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER