panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
06 Juli 2013
Kebakaran Hutan, Menhut Ngaku Kecolongan

BUMIAYU -  Menteri Kehu­tanan (Menhut) Zulkifli Hasan mengaku kecolongan terkait kebakaran hutan yang terjadi di Riau. Agar peristiwa itu tidak terulang lagi, pihaknya meminta pe­merintah daerah proaktif dalam mengantisipasi kebakaran hutan maupun lahan.

Hal tersebut disampaikan usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung B dan Dies Natalis IV Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Islam Bumiayu, Brebes, Jumat (5/7). Menurutnya, sikap proaktif daerah dalam pencegahan kebakaran sangat diperlukan. Bentuk antisipasi dapat dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi dini kepada masyarakat.

"Kami sudah minta daerah seperti Kaltim, Kalteng, Kalbar dan Kalsel untuk antisipasi dini, misalnya dengan sosialisasi kepada masyarakat jangan membuang puntung rokok dan membakar lahan sembarangan," katanya.

Menhut mengakui ada keterlambatan penanganan karena kebakaran melanda dengan cepat. Namun kini, kebakaran itu telah ditangani secara nasional seiring sikap Presiden SBY yang menya­takan kebakaran hutan sebagai bencana nasional. "Sudah ditangani oleh BNPB, TNI, Polri, pe­merintah daerah dan tentunya masyarakat sehingga kini tingkat polusinya sudah turun. Demikian pula dengan titik-titik api sudah banyak berkurang," ujar dia.

Sebelumnya Menhut berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung B dan melakukan penanaman pohon di kampus pencetak guru tersebut. Hadir dalam acara tersebut bupati  Idza Priyanti yang didampingi antara lain Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Eko Andalas dan Kepala Dinas Pendidikan Tahroni.

Ketua Badan Pelaksana Ha­rian (BPH) STKIP-STIE Islam Bumiayu Prof Dr A Yahya Muhai­min menyatakan pembangunan gedung baru yang berlokasi di sisi utara kampus akan dipergunakan untuk ruang perkuliahan. Mantan mendik­nas tersebut mengatakan STKIP-STIE Islam Bumiayu akan diproyeksikan menjadi universitas. (H51-80).


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER