panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
22 Juni 2013
Mbangun Desa
Lansia Bukan Beban, Justru Berkah
  • dialog dengan GUBERNUR BIBIT WALUYO

Pertanyaan: Bapak Gubernur, bagaimana upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memberdayakan warga lanjut usia (lansia)? (Retno, Semarang)

Jawab: Terima kasih, Saudari Retno. Indonesia termasuk lima besar negara dengan penduduk lanjut usia terbanyak di dunia. Empat dekade terakhir terjadi peningkatan jumlah lansia hingga empat kali lipat. Pada 1970, jumlah lansia sekitar 5,3 juta orang (4,48%), sedangkan pada 2010 menjadi 18,04 juta orang (9,6%).

Di Jawa Tengah, seiring dengan kemajuan pembangunan serta kesadaran masyarakat yang semakin baik tentang pentingnya menjaga kesehatan, usia harapan hidup (UHH) masyarakat juga semakin tinggi. Pada 2012, UHH mencapai 72,6 tahun. Diperkirakan jumlah lansia di Jateng lebih dari 3 juta orang. Banyaknya jumlah lansia tersebut jangan lantas menjadi masalah atau beban, tapi justru menjadi berkah. Meskipun lanjut usia, mereka tetap dapat menjadi manusia yang berdaya dan aset pembangunan bangsa.

Dalam hal ini, pemerintah Indonesia telah berupaya mewujudkan lansia sebagai pribadi yang mandiri, sejahtera, dan mampu memberikan sumbangsih bagi pembangunan. Antara lain, melalui penerapan UU Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, yang dijabarkan melalui Peraturan Pemerintah RI Nomor 43 Tahun 2004 tentang Komisi Nasional Lanjut Usia, dan Keputusan Mendagri No 60 tahun 2008 tentang Pedoman Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanganan Lanjut Usia di Daerah.

Komda Lansia Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Pemprov Jateng menetapkan Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 465.1/32/2009 tentang pembentukan Komda Lansia Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan warga usia lanjut. Misalnya memfasilitasi pembentukan Komda Lansia kabupaten/kota, pendataan, serta berkoordinasi dengan unsur pemerintah dalam pembinaan warga lanjut usia secara sinergis dan berkesinambungan.

Berbagai program pembinaan telah dilakukan Komda Lansia bersama instansi terkait. Antara lain, melakukan pendataan lansia dan dukungan pada 10 program pokok PKK melalui pelayanan posyandu lansia, bazar, dan hasil karya mereka, memberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada lansia potensial, penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional, pelayanan dan perawatan di lingkungan keluarga, serta pelayanan Day Care Service. Dengan demikian, kiprah dan peran lansia diharapkan akan semakin meningkat dalam mendukung pembangunan. Lansia yang ahli di bidangnya dapat dilibatkan dalam kehidupan bermasyarakat, seperti menjadi pembicara di seminar atau narasumber kegiatan lain. (59)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER