panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
14 Juni 2013
Biaya Jalan Tembus Bandara Rp 58 M
  • Pembangunan Tahap Tiga

SEMARANG - Jalan tembus ke Bandara Ahmad Yani dari Jalan Anjasmoro ditargetkan selesai November mendatang. Hal itu diungkapkan General Manager PT Hutama Karya (Persero), Kuncoro, usai pemasangan tiang pancang pertama, Kamis (13/6). Kuncoro menegaskan, pihaknya yakin target itu bisa selesai meski harus berhadapan dengan cuaca yang tak menentu dan kondisi tanah yang basah.

Pada tahap ketiga atau terakhir ini nanti, pihaknya akan membangun dua ruas jalan yakni sisi utara sepanjang 500 meter dan sisi selatan 700 meter. Lebar kedua ruas tersebut masing-masing mencapai 15 meter. Biaya untuk proyek itu Rp 58,5 miliar. Anggaran itu termasuk hemat mengingat pemerintah menganggarkan sekitar Rp 84,3 miliar. ”Saat lelang kami memang mengajukan penawaran sebesar itu. Menurut kami dengan jumlah itu, sudah cukup untuk membangun jalan tembus ini dengan kualifikasi yang disyaratkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga Kota, Iswar Aminudin, mengungkapkan pembangunan jalan tembus ke bandara itu dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dan kedua dikerjakan pada Tahun 2011 dan 2012 menggunakan APBD Provinsi dengan total anggaran Rp 18 miliar. Hasilnya adalah ruas jalan di sisi utara sepanjang 268 meter. ”Untuk tahap ketiga ini, APBD Kota dianggarkan Rp 23,3 miliar, sementara APBD Provinsi Rp 51 miliar. Secara keseluruhan, proyek ini dibiayai APBD Provinsi dan Kota dengan total dana mencapai Rp 102,35 miliar dan persentase pembiayaan 75 dan 25 persen,” jelasnya.

Plt Wali Kota, Hendrar Prihadi mengatakan, jalan tembus itu penting seiring dengan pengembangan Bandara Ahmad Yani. Pihaknya mendukung pengembangan tersebut dengan ikut membiayai jalan yang akan menuju tempat parkir baru. Dia juga percaya pada PT Hutama Karya (Persero) bakal mengerjakan dengan kualitas baik meski dengan dana yang lebih kecil dari yang sudah dianggarkan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani, Priyo Jatmiko menambahkan, meski sudah ada pembangunan jalan tembus tersebut, pihaknya masih harus menambah ruas jalan lagi yang menghubungkan jalan tembus itu dengan area parkir bandara. Ruas jalan yang akan dibangunnya sepanjang 100-150 meter. (H35,H71-72)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER