panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
11 Juni 2013
Bupati Salim Diperiksa Empat Jam
  • Terkait Korupsi PT RBSJ Rembang
image

SEMARANG - Setelah mangkir dari panggilan pertama pekan lalu, Bupati Rembang, Mochamad Salim memenuhi panggilan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Senin (10/6). Salim mendatatangi Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Jalan Pahlawan Semarang sekitar pukul 10.00. Ia lalu diperiksa penyidik mulai pukul 11.00 hingga 15.00.

”Yang bersangkutan (Salim - red) diperiksa sebagai saksi. Ini pemeriksaan sudah selesai dan saksi langsung pulang,” demikian Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Eko Suwarni kemarin sore.

Salim dimintai keterangan sebagai saksi dugaan korupsi pengelolaan dana PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ). Pengelolaan keuangan pada unit bisnis perkebunan PT RBSJ itu diduga bermasalah. Perkebunan itu berbasis agribisnis tebu, dilaksanakan mulai tahun 2009. PT RBSJ bekerja sama dengan PT Sabda Amartha Bumi (SAB) untuk pengelolaan lebih dari 850 hektare lahan tebu. Diduga, pengelolaan lahan tebu itu mandeg ditengah jalan. Semula, hasil panen tebu dari lahan tersebut akan digunakan sebagai bahan baku pada Pabrik Gula Mini bentukan PT RBSJ. Selain itu juga disetor ke pabrik-pabrik gula di Pati dan Kudus.

Tak Beroperasi

Hingga 2011 Pabrik Gula Mini yang didanai dengan penyertaan modal dari APBD Rembang itu tak kunjung beroperasi. Akhir tahun 2010 diduga sudah tidak ada tebu dari lahan tersebut yang disetorkan ke pabrik gula di Pati dan Kudus. Kasus ini disidik sejak Maret 2013. Pada pertengahan April 2013, penyidik menetapkan dua tersangka. Keduanya adalah mantan Direktur PT RBSJ, Siswadi dan Direktur PT SAB, Imam Sujono.

Selain Salim, penyidik Kejaksaan Tinggi telah memeriksa beberapa mantan pejabat Rembang. Di antaranya mantan kepala Bagian Perekonomian dan mantan kepala Bagian Keuangan. Kejaksaan menilai keterangan dari Mochamad Salim sudah cukup. ”Setelah ini akan ada evaluasi. Jika diperlukan yang bersangkutan (Salim - red) akan kami undang lagi,” kata Eko Suwarni.

Mochamad Salim sudah berstatus tersangka dalam kasus penyertaan modal APBD Rembang ke PT RBSJ yang disidik oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah.  (H89-80)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER