panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
10 Juni 2013
Petugas Registrasi Ujung Tombak Kependudukan

KENDAL - Petugas registrasi (pendaftaran) merupakan ujung tombak pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal menggelar pembinaan dan sosialisasi.

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengatakan, petugas registrasi memiliki peran penting petugas dalam melakukan pencatatan data yang benar dan valid, supaya tercipta administrasi kependudukan yang tertib.

Petugas, kata dia, harus mencatat laporan bulanan secara disiplin dan tertib, data mengacu pada kebenaran data pemohon. Selain itu, harus menghindari data ganda dan memastikan surat pengantar sudah diverifikasi dan divalidasi.

”Petugas juga menjadi pelayan pertama yang melakukan pencatatan pelaporan yang melebihi batas satu tahun yang kemudian diserahkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” kata dia, saat membuka pembinaan dan sosialisasi kepada para petugas registrasi se-Kabupaten Kendal di pendapa, belum lama ini.

Pengadilan Negeri

Dia menambahkan, sebelumnya pelaporan akta kelahiran yang melebihi satu tahun, harus melalui pengadilan negeri, tetapi dengan keluarnya Surat Mahkamah Konstitusi No 18 tertanggal 1 Mei 2013, pencatatan sekarang diserahkan kepada Dispendukcapil kabupaten dan kota.

Kepala Dispendukcapil Kendal, Astuti Watiningrum, menjelaskan, petugas registrasi akan memberikan pelayanan, pelaporan peristiwa kependudukan, peristiwa penting aktual kependudukan dan pengelolaan dan penyajian data di desa atau kelurahan. Mereka juga harus membantu lurah, kades, dan Dispendukcapil maupun UPTD dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

”Petugas harus selalu memverifikasi dan memvalidasi data kependudukan yang dilaporkan agar benar-benar valid dan dapat dipercaya serta bisa dipertanggungjawabkan,” tegas dia. (H36-64)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER