panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
08 Juni 2013
Nilai Tambahan Masih Dipakai
  • Penerimaan Peserta Didik SMP, SMA/SMK

SEMARANG - Nilai tambahan bagi pendaftar atau calon siswa dalam seleksi penerimaan  peserta didik (PPD) baru jenjang SMP, SMA/SMK masih ada pada Tahun Ajaran 2013/2014.

Saat ini peraturan Wali Kota (perwal) Kota Semarang yang mengatur sistem dan tata cara PPD masih dalam proses.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu proses aturan atau perwal PPD. Namun, terkait nilai tambahan seperti nilai prestasi, lingkungan, dan kemaslahatan bagi anak guru masih berlaku untuk PPD tahun ajaran baru ini. ”Nilai-nilai itu masih ada, misalnya dengan tambahan nilai lingkungan siswa miskin yang bertempat tinggal di wilayah sekolah dapat diakomodasi. Kemudian, nilai prestasi untuk menghargai prestasi anak baik bidang akademik maupun nonakademik. Dan, nilai kemaslahatan diperuntukkan bagi anak guru dan tenaga pendidikan di sekolah tersebut,” ungkapnya. Secara garis besar, PPD tahun ajaran 2013/2014 ini ada beberapa hal yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Seperti pelaksanaan PPD jenjang SD, proses pendaftaran akan dilakukan secara online.

”Jika tahun lalu hanya sejumlah SD yang pendaftarannya online, tahun ini semua daftar online,” tuturnya.

Kemudian, untuk biaya pendaftaran di semua jenjang juga akan digratiskan untuk PPD sekolah negeri. Adapun, pada PPD kali ini sistem rayonisasi yang bertujuan untuk memeratakan kompetensi peserta didik juga masih berlaku.

Sementara itu, perbedaan lain pada PPD satuan pendidikan negeri tahun ini, yakni eks rintisan sekolah bertaraf internasional (RBSI) akan mengikuti dalam seleksi sekolah reguler. Artinya, para calon siswa akan mendaftar dengan menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) murni.

”Kalau tahun dulu calon siswa RSBI mengikuti seleksi dengan tes tertulis, wawancara, dan nilai raport pada tahun ini semua menggunakan nilai UN,” kata Bunyamin.

Berdasarkan hasil seleksi PPD jenjang SMP dan SMA di Kota Semarang tahun 2012/2013, nilai minimal yang diterima di sebuah satuan pendidikan cukup tinggi. Misalnya, untuk dapat diterima di SMP 1, calon siswa harus memiliki rata-rata 6,63. Adapun untuk bisa diterima di SMA 5 Semarang harus memiliki nilai rata 6,125.

Lalu bagaimana jika dilihat dari hasil UN SMP tahun 2012/2013? Meskipun rata-rata hasil UN SMP Kota Semarang tahun ajaran 2012/2013 ini mengalami kenaikan 0,25% dari tahun sebelumnya, namun rata-rata nilai UN murni di setiap sekolah mengalami penurunan dibanding tahun 2011/2012 lalu. Sehingga ada ada kemungkinan akan mempengaruhi nilai minimal dan maksimal penerimaan calon siswa di sekolah negeri. (K3,H41-39)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER