panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
08 Juni 2013
Satria Brand Award, Pacu Kompetisi Bisnis di Jateng

SEMARANG - Penyelenggaraan penghargaan Satria Brand Award (SBA) akan mendorong kualitas kompetisi bisnis di Provinsi Jawa Tengah. Vice President Bidang Organisasi IMA (Indonesia Marketing Association) Jateng, Bayu Krisna menilai, akhir sebuah kompetisi bisnis sebenarnya adalah kompetisi brand. ‘’Ketika membeli barang di era sekarang sebenarnya seseorang membeli persepsi, bukan produk,’’ jelas Bayu, yang juga anggota Komisi Tetap Kewirausahaan Kadin Jateng ini, kemarin.

Memasuki pasar bebas ASEAN mendatang, menurutnya, brand yang kuatlah yang mampu memenangi pasar. Sebab, brand yang kuat akan menumbuhkan loyalitas konsumen yang kuat pula. Saat ini, menurutnya, pelaku bisnis di Jateng kebanyakan hanya berhenti ketika konsumen dianggap merasa puas. ‘’Kepuasan saja tidak cukup untuk kepentingan mempertahankan pasar jangka panjang, sebab konsumen bisa pindah ke lain hati jika tidak memiliki loyalitas,’’ ungkapnya. Karena itulah, dengan adanya SBA, para produsen jadi terpacu membangun brandyang kuat.

Penghargaan Project Director SBA 2013 Sasongko Tedjo menambahkan, acara malam penghargaan SBA akan digelar Patra Convention Center Semarang pada 20 Juni mendatang. Pemberian penghargaan Satria Brand Award yang digelar Suara Merdeka tahun ini, didasarkan atas hasil survei konsumen di seluruh kota di Jateng pada Maret hingga April, dengan melibatkan 3.000 responden. Perhitungan skor survei tersebut berdasarkan empat kriteria, yaitu brand awareness, market share, satisfaction, dan loyalty.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Petrus Edison Ambarura menuturkan, ajang Satria Brand Award (SBA) 2013 yang digagas Suara Merdeka diharapkan dapat mendorong dunia usaha di Provinsi Jawa Tengah. ‘’Ajang ini memberi banyak manfaat bagi pelaku bisnis. Menjadi tolak ukur bagi mereka sejauhmana usaha bisa tumbuh dan berkembang,’’ ujarnya. Terlebih lagi, dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) atau pasar bebas ASEAN 2015 mendatang. Ajang tahunan tersebut tentu mendorong pelaku usaha di Jateng, untuk terus menyongsong pasar bebas.

Merek-merek unggulan bersaing ketat memenangkan kompetisi ini. Satria Brand Award selama ini telah mengumpulkan para ikon pemilik merek-merek terkenal di Jawa Tengah. SBA dapat memancing para pengusaha berlomba-lomba secara sehat, dalam menciptakan produk bermutu dan berkualitas. (J14,K14-79)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER