panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
05 Juni 2013
Dewan Jamin PPD Tak Molor
  • Dipastikan Minggu Ketiga Juni
SEMARANG -  DPRD Kota Semarang menjamin pelaksanaan penerimaan peserta didik (PPD) tahun ajaran 2013-2014, tidak akan mundur atau terkatung-katung. 

Sebab, peraturan wali kota (Perwal) yang akan menjadi landasan hukum PPD sedang menunggu pengesahan.  ”Draf perwal sudah masuk bagian hukum. Tinggal butuh menunggu kajian hukum, terutama untuk konsideran yang dibutuhkan dalam perwal,” tutur Wakil Ketua Komisi D Anang Budi Utomo kepada Suara Merdeka, kemarin.

 Usai mendapat kajian hukum, akan segera disahkan Plt Wali Kota Hendrar Prihadi. Peraturan tersebut menjadi acuan sekolah dalam menerima pendaftaran siswa baru.  Namun, kata Anang, umumnya sekolah sudah siap dalam  menyambut tahapan PPD.

Mereka juga tinggal menunggu perwal, untuk kemudian menerima peserta didik baru. Lazimnya penerimaan siswa tahun sebelumnya, sekolah sudah mulai menyiapkan segala sesuatunya. Di luar itu, penerimaan siswa sedikit berbeda, terutama setelah kebijakan RSBI dihapus. Ketika kebijakan tersebut masih diberlakukan calon siswa diharuskan melalui tahapan tes tertulis. Kini, mereka mengikuti seleksi menggunakan NEM. 

Daftar Ulang

”Usai tahapan itu, bagi siswa yang diterima oleh sekolah  disyaratkan mendaftar ulang. Berikutnya adalah dimulainya pembelajaran di kelas,” kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengemukakan, pendaftaran siswa baru akan dilaksanakan sesuai dengan tahapan. Yakni, ujarnya, menunggu setelah ulangan kenaikan kelas (UKK)  dan penerimaan rapor siswa. ”Tahapannya memang seperti itu. Namun tentunya juga harus menunggu perwal,” ujarnya.

Kepala sekolah SMA 9, Wiharto mengemukakan, usai perwal diterbitkan maka sekolah negeri bisa segera melaksanakan PPD. Dia memperkirakan pelaksanaan penerimaan siswa tidak akan lama lagi. Sebab, hal ini sudah mendekati pergantian tahun ajaran baru yang diiringi penerimaan siswa baru. (H41-75)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER