panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
31 Mei 2013
Pendaftaran PPD SMA/SMK Disubsidi

SEMARANG - Biaya pendaftaran penerimaan peserta didik (PPD) jenjang SMA/SMK akan digratiskan. Terkait dengan dana, Pemerintah Kota Semarang akan memberikan subsidi untuk proses tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin pada talk show ’’Kebijakan Pembiayaan Sekolah di Kota Semarang’’ di Hotel Horison, Kamis (30/5). Dia mengatakan, selama ini untuk registrasi masuk SD dan SMP sudah tidak dikenakan biaya. Mulai tahun ini, hal itu juga akan diterapkan di jenjang SMA/SMK.

’’Harapannya biaya pendaftaran PPD di SMA/SMK tersebut dapat di-cover dengan sumber lain. Caranya, sekolah bisa menganggarkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dan APBS untuk kepentingan tahun ajaran baru,’’ ungkapnya.

Namun untuk ketetapannya, saat ini peraturan wali kota (Perwal) yang mengatur mengenai PPD sedang dirancang oleh DPRD dan Dinas Pendidikan Kota Semarang. ’’Hasil perwal tersebut kita tunggu lebih lanjut, jadi sekarang kami belum dapat bicara banyak sebelum aturan itu terbit,’’ tegasnya.

Sementara itu, sejumlah sekolah juga menyatakan masih menunggu terbitnya perwal PPD tahun ajaran 2013-2014. Menurut Kasek SMAN 9 Wiharto, peraturan wali kota akan menjadi dasar sekolah dalam melaksanakan tahapan penerimaan siswa baru.

Persiapan Ekstra

Kendati demikian, jauh sebelumnya telah dikirimkan usulan tentang jumlah siswa yang akan ditampung di masing-masing sekolah. Pengiriman data dilaksanakan sebelum pelaksanaan ujian nasional sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah. SMA 9 misalnya, sanggup menampung 360 siswa baru untuk ditempatkan di 10 rombongan belajar (rombel).

Jumlah itu disetujui, dinas pendidikan tinggal menunggu pelaksanaan pembukaan penerimaan peserta didik baru. Wiharto memperkirakan pelaksanaan penerimaan siswa tidak akan lama lagi. Sebab, hal ini sudah mendekati pergantian tahun ajaran baru yang tentunya diiringi penerimaan siswa baru. Menurutnya, pada 3 Juni-12 Juni, sesuai dengan kalender pendidikan adalah jadwal pelaksanaan ulangan kenaikan kelas (UKK). Kemudian disusul penerimaan rapor pada 22 Juni mendatang. Selepas dua kegiatan ini dilanjutkan agenda pendaftaran peserta didik baru.

Sangat Ditunggu

“Paling lambat awal Juli penerimaan siswa baru sudah harus berjalan,” tandasnya.

Menurutnya, perwal memang sangat ditunggu sekolah yang akan melaksanakan pembukaan pendaftaran. Terlebih bagi sekolah yang ditunjuk melaksanakan kurikulum 2013. Sekolah khusus pelaksana kurikulum 2013 butuh persiapan ekstra, termasuk menyiapkan penerimaan siswa baru.

Mereka yang ditunjuk melaksanakan kurikulum baru perlu menyiapkan mekanisme untuk tes peminatan bagi siswa baru. Kurikulum mensyaratkan tes peminatan kini harus dimulai semenjak awal alias di kelas X. Siswa yang baru duduk di bangku semester awal sudah mulai diarahkan peminatannya atau dulu dikenal dengan istilah penjurusan.

Hal senada dikemukakan Wakasek Kurikulum SMA 4, Eko Sawadi. Perekrutan siswa baru masih harus menunggu aturan dari pemerintah. Sebelum ada kebijakan yang mengatur tentu belum boleh dilakukan pembukaan pendaftaran. (K3,H41-75)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER