panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
30 Mei 2013
KPU Segera Susun DCS
JEPARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara segera menyusun daftar caleg sementara (DCS) setelah mengumumkan hasil verifikasi lanjutan semua berkas para caleg. Dari hasil verifikasi tersebut, ada beberapa yang gugur dan sudah pasti tak bisa masuk ke dalam DCS yang akan disusun mulai 30 Mei hingga 12 Juni.

Hal itu dikemukakan Ketua KPU Jepara, Muslim Aisha saat menyampaikan hasil verifikasi perbaikan berkas pencalonan bersama perwakilan parrpol di aula KPU, kemarin. ''Fokus KPU mulai besok adalah menyusun DCS. Selanjutnya DCS ini akan kami umumkan ke masyarakat untuk menjaring masukan dan tanggapan,'' kata Muslim.

Masyarakat diberi kesempatan mengkritisi para calon legislatif sementara pada rentang 14-27 Juni. Setelah itu, parpol bisa mengklarifikasi pada 5-18 Juli. Jika ada hal-hal yang bisa menggugurkan caleg sementara, maka diberi kesempatan penggantian DCS pada rentang 26 Juli-1 Agustus. KPU akan menyusun daftar caleg tetap (DCT) pada 9-22 Agustus, lalu mengumumkannya selama lima hari sejak selesai disusun.  Dalam pertemuan kemarin, diumumkan nama-nama caleg yang tak memenuhi syarat dan gugur dalam pencalegan.

Mereka yang gugur karena legalisir ijazah dan sejenisnya tidak sah adalah Rifai (Partai Gerindra), Alex Yusron (PKB), M Muhyidin (PKS), Rohadi (PAN), dan udarji (Golkar). Ada juga yang dinyatakan tak memenuhi syarat karena surat keputusan pemberhentian tidak sesuai ketentuan. Mereka adalah para petugas panitia pemilihan suara (PPS) dan anggota Panwas Kecamatan yang mencalonkan diri. Untuk kategori ini, yang tak memenuhi syarat adalah Madekhan (PKB), Saadi Asirozi (Hanura), Ahmadun (PKB) dan Zamroni (Gerindra). Ada juga caleg yang mengajukan pengunduran diri dari pancalegan, yaitu Oviyana Enka Sari dari Partai Demokrat. Oleh partainya, ia tetap tidak ditarik dari pencalonan.

KPU juga mengumumkan caleg yang belum memenuhi syarat. Mereka adalah Suyuthi (PPP), Sumarno (PKB) dan Bambang Budiyanto (Gerindra). Untuk kategori ini mereka harus menyampaikan surat keputusan pemberhentian dari jabatan yang diembang  paling lambat 1 Agustus.  ''Untuk yang kategori belum memenuhi syarat, masih bisa menjadi caleg jika syarat yang ditentukan bisa disampaikan tidak melewati 1 Agustus,'' jelas Muslim.  (H15-36,88)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER