panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
29 Mei 2013
Biaya Masuk Sekolah Gratis
  • Eks RSBI Ikut PPD Reguler

SEMARANG - Jelang penerimaan peserta didik (PPD) tingkat SD hingga SLTA tahun 2013/2014, Pemerintah Kota Semarang berencana akan menggratiskan biaya masuk sekolah.

Namun kepastian akan kebijakan itu masih harus menunggu terbitnya peraturan wali kota (perwali) tentang PPD.

Hal ini terungkap dalam pembahasan draf peraturan wali kota tentang PPD antara Komisi D DPRD dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Senin (27/5).

Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Rukiyanto menyampaikan, tidak hanya biaya PPD saja, dalam tes kesehatan bagi SMK dan daftar ulang juga akan digratiskan.

“Pendaftaran penerimaan siswa SD, SMP, SMA negeri dan swasta itu gratis. Tidak ada pungutan apa pun sampai pendaftaran ulang. Tahun lalu untuk SMK memang dipungut biaya kesehatan, tapi tahun ini akan digratiskan dan menggunakan dana BOS,’’ ujar Rukiyanto usai pembahasan perwali PPD bersama Disdik Kota Semarang di ruang Komisi D.

Mulai tahun ajaran 2013-2014, semua siswa yang akan masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun. ‘’Seleksi SMP, SMA menggunakan nilai ujian nasional (UN) murni. Khusus SMK selain menggunakan UN, juga ada tes kesehatan, potensi, dan keminatan,’’ katanya.

Saat ditanya kuota siswa miskin, Rukiyanto mengatakan, tiap sekolah akan tetap diwajibkan minimal menerima 20 persen siswa miskin di tiap rayon.

“Namun, para siswa tersebut juga harus memiliki nilai rata-rata tujuh, jadi bisa langsung diterima di situ,” ujar politisi PDIP ini.

Hapus RSBI

Dia menambahkan, dalam pembahasan draft perwali, pihaknya telah menghapuskan sistem RSBI dan semua sekolah menjadi reguler. Dan terkait seragam sekolah, tambahnya, tidak diatur di dalam perwali karena itu untuk kepentingan pribadi.  “Sekolah boleh menyediakan seragam tapi tidak diatur harus beli di sekolah. Jadi orang tua boleh membeli seragam di mana pun,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Eksternal Pattiro, Widi Nugroho mengatakan, setelah dilakukan penelaahan dari draft Perwali PPD, pihaknya menemukan tiga masalah. Pertama terkait data miskin di draft Dinas Pendidikan, tidak menggunakan database yang digunakan di dinas-dinas lain.

“Mereka menggunakan data sendiri yang menurut saya akan menjadi rancu karena di Kota Semarang sudah ada database warga miskin,” ujar Widi.

Kedua, terkait dengan pengaduan yang dilakukan di draft perwali tersebut belum ada mekanisme yang memberi informasi proses pengaduan masyarakat.

“Tahapan dan tata cara pengaduannya tidak jelas. Proses pengaduan selama pengamatan 2 tahun ini tidak ada perubahan. Tahun 2011 dan 2012 kami investigasi ke beberapa sekolah, temuan yang kami lakukan tidak ditindaklanjuti,” beber Widi berharap segala informasi terkait pengaduan diberikan secara jelas dan ditempel di sekolah-sekolah.

Adapun perbedaan PPD tahun 2013 ini dan sebelumya, yakni dulu ada PPD khusus RSBI sekarang tidak. Dalam PPD tahun ini, semua sekolah kembali lagi ke dalam sistem sekolah reguler, yakni tidak ada pungutan biaya apa pun.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan, pihaknya mendapatkan banyak masukan saat merancang Perwali PPD. Masukan yang didapat akan menjadi pertimbangan sebelum perwali diusulkan ke wali kota.

“Selain masalah penarikan biaya PPD, ada juga masukan tentang pendaftaran siswa di semua SD negeri yang akan menggunakan sistem online. Tahun lalu hanya sekitar 68 SD yang menggunakan sistem online. Tahun ini diharapkan 349 SD negeri yang ada sudah online semua,” tegasnya.

Jika perwali PPD 2013/2014 telah disepakati maka, lanjut dia, pelaksanaan akan dimulai pada akhir Juni mendatang.

“Kalau 15 Juli pelaksanaan tahun ajaran baru, PPD dilaksanakan akhir Juni. Sekarang tinggal nunggu perwali dulu saja,” tandas Bunyamin. (H71,K3,H41-72)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER