panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
24 Mei 2013
Tingkat Kelulusan UN SMA 99,841%
  • Jateng Masuk 10 Besar Nasional

SEMARANG - Tingkat kelulusan dari hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMALB/MA/SMK di Provinsi Jawa Tengah mencapai 99,841%. Sebanyak 3.240 siswa SMA sederajat tidak lulus dalam evaluasi akhir tahap belajar.

UN SMA sederajat di Jawa Tengah diikuti 337.854 siswa, sedangkan yang berhasil menyelesaikan pendidikan di jenjang tersebut sebanyak 324.594 siswa. Sementara 0,159% atau 3.240 siswa tidak lulus UN.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Kartono, Kamis (23/5) malam, mengatakan tingkat kelulusan di Jateng pada tahun ajaran 2012/2013 ini sedikit menurun  dibandingkan tahun lalu.

”Jika tahun 2012 angka kelulusan mencapai 99,85%, tahun 2013 ini turun 0,009% menjadi 99,841%. Namun, penurunan tersebut tidak berdampak besar, karena nilai bobot soal tahun ini meningkat 10%,” ungkapnya didampingi Ketua Panitia UN Jateng Tri Handoyo.

Kartono menjelaskan, mempertahankan persentase kelulusan pada tahun sebelumnya memang tidak mudah. Akan tetapi, jika turun angka kelulusannya juga tidak masalah, karena ada kenaikan bobot soal dan ragam jenis soal yang mencapai 20 macam di setiap ruang ujian.

Peringkat Dua

Sesuai prosedur operasional standar (POS) UN, peserta didik dinyatakan lulus apabila rata-rata nilai akhir seluruh mata pelajaran 5,5 dengan nilai tiap mapel minimal 4,0. Sementara khusus SMK, nilai kompetensi keahlian minimal 6.

Untuk jenjang SMA siswa Jawa Tengah berhasil masuk 10 besar nasional dalam perolehan nilai UN.

Satu siswa tersebut atas nama Aditya Agam Nugraha dari siswa SMA 1 Kota Surakarta yang berhasil meraih peringkat dua nasional.

Ketua Panitia UN Jateng Tri Handoyo mengatakan, prosedur pengumuman kelulusan dilaksanakan Jumat (24/5), di masing-masing satuan pendidikan.

”Pengumuman serentak dilaksanakan mulai pukul 14.00. Kami mengimbau sekolah melibatkan orang tua siswa dan aparat keamanan setempat. Peserta didik juga diharapkan tidak melakukan arak-arakan dengan kendaraan bermotor dan coret-coret pada pakaian seragam,” katanya. (K3,H41-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER