panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
24 Mei 2013
Undip Bebaskan Biaya Kuliah 1.250 Mahasiswa

SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) kembali membebaskan biaya kuliah untuk 1.250 mahasiswa miskin melalui program bantuan pendidikan miskin berprestasi (bidikmisi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mahasiswa bidikmisi tidak akan dipungut biaya apa pun selama perkuliahan di kampus. Seluruh biaya kuliah ditanggung penuh oleh pemerintah.

”Mahasiswi bidikmisi tidak hanya dibebaskan dari biaya studi, tetapi juga mendapat uang saku setiap bulan Rp 600.000. Bantuan tersebut akan diterimakan selama delapan semester,” kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undip Drs Warsito SU di ruang kerjanya, kemarin.

Selama tahun 2010-2012, Undip menerima mahasiswa dari program jalur bidikmisi sebanyak 1.525 orang setiap angkatan. Tahun ini Undip mengajukan 1.250 mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Berprestasi

Warsito mengatakan, beasiswa bidikmisi hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kriteria miskin dan berprestasi. Untuk menghindari salah sasaran, Undip melakukan verifikasi data dan survei lapangan pada para calon penerima.

”Ada beberapa indikator yang kita gunakan untuk mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Antara lain kondisi rumah, penghasilan orang tua, rekening pembayaran listrik dan air,” imbuhnya.  

Dengan cara tersebut diharapkan penyaluran akan tepat sasaran dan lebih akuntabel.

Sementara itu, terkait dengan seleksi masuk Undip tahun ini calon mahasiswa dapat mengikuti tiga jalur seleksi. Tahapan itu mencakup seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan jalur ujian mandiri (UM).

Menurut Sekretaris LP2MP Undip Ir Setia Budi Sasongko DEA PhD, total daya tampung S-1 tahun akademik 2013/2014 sebanyak 7.931 orang. Rinciannya, jalur SNMPTN 3.966 orang, SBMPTN 2.398 orang, dan jalur UM 1.567 orang. Persentasenya kuota dari SNMPTN 50% dari total daya tampung, SBMPTN 30%, dan UM 20%.

Pengumuman SNMPTN dilaksanakan Selasa (28/5) dan  pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi pada 18 - 19 Juni 2013 di Gedung Prof Soedarto Tembalang. (H41-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER